Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bahlil: Sektor Migas Masuk Daftar Prioritas Investasi RI Hingga 2040

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, menegaskan sektor minyak dan gas (migas) masuk ke dalam 8 sektor prioritas investasi nasional hingga 2040.
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memaparkan realisasi investasi kuartal I/2023 pada Jumat (28/4/2023). Youtube: Kementerian Investasi/BKPM
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memaparkan realisasi investasi kuartal I/2023 pada Jumat (28/4/2023). Youtube: Kementerian Investasi/BKPM

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, menegaskan sektor minyak dan gas (migas) masuk ke dalam delapan sektor prioritas investasi nasional hingga 2040.

Hingga triwulan pertama 2023, realisasi investasi sektor hulu migas sudah mencapai US$2,63 miliar atau meningkat 25,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Adapun, pemerintah telah menetapkan delapan sektor prioritas investasi hingga 2040 yang dibagi menjadi tiga fokus area di antaranya sektor mineral dan batu bara yang ditargetkan sebesar US$431,8 miliar.

Kemudian, sektor minyak dan gas bumi sebesar US$68,1 miliar. Selanjutnya, sektor perkebunan, kelautan, perikanan dan kehutanan sebesar US$45,4 miliar.

"Pemerintah telah fokus hilirisasi. Tidak hanya sumber daya alam tambang, tetapi juga di migas. Beberapa kali ratas, Presiden telah menegaskan agar menjual dalam bentuk nilai tambah dan bukan barang mentah. Pelaksanaan hilirisasi di migas yang paling penting adalah industri hulu migas tidak dirugikan, agar sektor ini dapat terus tumbuh dan berkembang," kata Bahlil dikutip dari siaran pers, Kamis (4/5/2023). 

Lebih lanjut, Bahlil menyampaikan bahwa target investasi hulu migas 2023 sebesar US$15,5 miliar atau meningkat 26 persen dibandingkan realisasi investasi 2022 serta lebih tinggi dari pertumbuhan investasi hulu migas global yang sekitar 6,5 persen. 

"Realisasi investasi hulu migas di triwulan pertama 2023 tumbuh 25,3 persen dibandingkan realisasi investasi di triwulan yang sama tahun 2022. Hal ini menunjukkan bahwa minat investasi di sektor hulu migas di Indonesia masih menarik bagi investor dan bagaimana agar investasi tersebut dapat meningkatkan produksi minyak dan gas nasional," tuturnya.

Bahlil menyampaikan bahwa meningkatnya investasi hulu migas akan berdampak pada aktivitas operasional hulu migas yang semakin tinggi. Terkait hal tersebut, Bahlil mengingatkan agar jangan lemah dan lengah terhadap K3. 

"Meningkatnya realisasi investasi di 2023 harus menjadi momentum untuk meningkatkan produksi migas nasional. Harus ada formula yang tepat bahwa setiap investasi yang dilakukan bagaimana agar produksi bisa naik," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, SKK Migas menargetkan investasi sektor hulu migas tahun ini dapat menyentuh US$15,54 miliar atau setara dengan Rp234,18 triliun (asumsi kurs Rp15.070 per US$). Target itu naik 26 persen dari capaian investasi sepanjang 2022 yang berada di kisaran US$12,3 miliar atau setara dengan Rp185,36 triliun.

Patokan investasi itu terbilang tinggi jika dibandingkan dengan kenaikan investasi hulu migas global di kisaran 6 persen tahun ini.  

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, mengatakan, target investasi yang terbilang progresif itu berasal dari kumpulan rencana kerja dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang begitu optimistis tahun ini.

Lewat persetujuan work program & budget (WP&B) 2023, KKKS berkomitmen untuk melakukan pengeboran lebih masif, yakni mencapai 991 sumur tahun ini. Komitmen itu jauh lebih tinggi dari rencana yang sempat diputuskan pada 2022 yang berada di kisaran 790 sumur. 

Di sisi lain, rencana investasi untuk eksplorasi sumur pengembangan dari KKKS juga mengalami kenaikan yang signifikan. KKKS berkomitmen untuk berinvestasi pada kegiatan eksplorasi sebesar US$1,79 miliar pada tahun ini.

Komitmen itu relatif tinggi jika dibandingkan dengan rencana investasi eksplorasi pada 2022 yang berada di kisaran US$0,8 miliar. 

"Kita lihat komitmen rencana kerja dari para KKKS menunjukan angka drilling yang tinggi dari 790 sumur menjadi 991 sumur, cukup tajam kenaikan penyebarannya," kata Dwi saat jumpa pers di Kantor SKK Migas, Rabu (18/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper