Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 4 KA Jarak Jauh Berhenti di Stasiun Jatinegara Mulai Hari Ini

Ada empat kereta api jarak jauh pemberangkatan yang akan melayani naik penumpang berangkat dari Stasiun Jatinegara per 1 Juni 2023.
Kereta api melintas di dekat stasiun Jatinegara, Jakarta, Minggu  5 November 2017./Bisnis-Dedi Gunawan
Kereta api melintas di dekat stasiun Jatinegara, Jakarta, Minggu 5 November 2017./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan empat kereta api (KA) jarak jauh akan berhenti di Stasiun Jatinegara mulai hari ini, Kamis (1/6/2023), sejalan dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, terdapat empat KA jarak jauh pemberangkatan dari Stasiun Gambir yang akan melayani juga naik penumpang berangkat dari Stasiun Jatinegara. Sebelumnya, Stasiun Jatinegara hanya melayani turun penumpang KA jarak jauh.

Keempat KA tersebut adalah KA 38F Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung, berangkat Stasiun Jatinegara pukul 06.46 WIB dan KA 10 Argo Dwipangga relasi Gambir – Solo, berangkat Stasiun Jatinegara pukul 09.06 WIB.

Kemudian, ada KA 12 Argo Sindoro relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng, berangkat Jatinegara pukul 16.56 WIB dan KA 36F Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung, berangkat Stasiun Jatinegara pukul 18.46 WIB.

Keempat KA jarak jauh yang berhenti melayani naik penumpang dari Stasiun Jatinegara tersebut merupakan KA dengan keberangkatan awal dari Stasiun Gambir. 

“Melalui penambahan layanan naik penumpang di Stasiun Jatinegara diharapkan para pelanggan KA khususnya dari area Daop 1 Jakarta dapat memiliki alternatif stasiun yang dapat dipilih saat akan berangkat,” jelas Eva dalam keterangan resminya, Kamis (1/6/2023).

Untuk info selengkapnya terkait penjualan tiket dan jadwal terbaru KA penumpang mulai 1 Juni 2023, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121.

Adapun, pemberlakuan Gapeka baru juga memberikan sejumlah manfaat yang langsung dapat dirasakan pelanggan seperti efisiensi waktu perjalanan KA jarak jauh keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. 

Untuk wilayah Daop 1 Jakarta, Gapeka 2023 memberikan percepatan waktu tempuh perjalanan KA jarak jauh sebesar total 2.512 menit per hari. Perinciannya, efisiensi 880 menit pada KA Argo, 585 menit pada KA Eksekutif, 648 pada KA Eksekutif Campuran, dan 399 menit pada KA Ekonomi. 

Salah satu KA yang mengalami percepatan waktu tempuh perjalanan adalah KA Argo Lawu relasi Gambir-Solobalapan yang perjalanannya lebih singkat 49 menit, dari sebelumnya 7 jam 44 menit menjadi 6 jam 55 menit.

Ada juga KA Fajar Utama Solo relasi Pasarsenen-Solobalapan yang perjalanannya lebih singkat 50 menit, dari sebelumnya 8 jam 30 menit menjadi 7 jam 40 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper