Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Panjang, Jasa Marga: 168.375 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Jasa Marga mencatat sebanyak 168.375 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada momentum libur panjang di akhir pekan.
Pengendara yang pulang mudik memadati ruas jalan tol Cipularang di KM 100 Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (1/7)./JIBI-Dedi Gunawan
Pengendara yang pulang mudik memadati ruas jalan tol Cipularang di KM 100 Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (1/7)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Lebih dari 160.000 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-1 periode libur panjang Hari Lahir Pancasila dan Hari Raya Waisak 2023. Dari jumlah tersebut, sekitar 44 persen di antaranya bergerak ke arah timur, yakni ke wilayah Transjawa dan Bandung.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) Lisye Octaviana menjelaskan, pihaknya mencatat sebanyak 168.375 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada Rabu (31/5/2023). 

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat gerbang tol (GT) utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung). 

“Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 27,5 persen jika dibandingkan lalin normal,” jelas Lisye dalam keterangan resminya, Kamis (1/6/2023).

Secara terperinci, kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah, dengan mayoritas sebanyak 75.277 kendaraan atau 44,7 persen menuju arah timur, yaitu Trans Jawa dan Bandung. Kemudian, sebanyak 54.755 kendaraan atau 32,5 persen menuju arah barat atau Merak.

Selanjutnya, sebanyak 22,8 persen atau 38.343 kendaraan menuju arah selatan atau Puncak.

Dia menjelaskan, lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah sebanyak 36.661 kendaraan, naik sebesar 34,0 persen dibandingkan lalin normal.

Sementara itu, lalin dari Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 38.616 kendaraan, naik sebesar 42,8 persen dari lalin normal. Total lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 75.277 kendaraan, naik sebesar 38,3 persen dari lalin normal.

Selanjutnya, lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 54.755 kendaraan, atau naik sebesar 17,1 persen dari periode normal.

Adapun, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 38.343 kendaraan. Jumlah tersebut naik sebesar 24,2 persen dari lalin normal.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas jalan tol dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper