Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Roman Abramovich: Miliuner dari Negeri Beruang Merah

Roman Abramovich adalah salah satu pebisnis paling sukses dari Rusia, dengan kekayaan senilai US$14,6 miliar, Roman menempati posisi 70 orang terkaya di dunia, menurut Bloomberg Billionaires Index.
Roman Abramovich/reuters
Roman Abramovich/reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Roman Abramovich adalah salah satu pebisnis paling sukses dari Rusia, dengan kekayaan senilai US$14,6 miliar, Roman menempati posisi 70 orang terkaya di dunia, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Dia menghasilkan pundi-pundi kekayaannya sebagai pemilik utama dari perusahaan investasi swasta Millhouse LLC. Di luar Rusia, ia dikenal sebagai pemilik tim sepak bola Liga Primer Inggris, Chelsea Football Club.

Jauh dari kemewahan di Knightsbridge, London Barat, di mana ia memiliki istana seharga 150 juta pound sterling, Abramovich menghabiskan masa kecilnya di daerah terpencil Komi, Rusia.

Masa kecil Roman tidaklah mudah, pada usia 4 Romawi menjadi yatim piatu. Ibunya meninggal ketika ia berusia 1 tahun, dan 3 tahun kemudian ayahnya Arkady Nakhimovich Abramovich meninggal di lokasi konstruksi akibat kecelakaan.

Setelah peristiwa tragis ini, pamannya, Leib, yang bekerja sebagai kepala pasokan industri kehutanan di Ukhta, bertanggung jawab atas pengasuhan Roman.

Pada tahun 1974, Roman pindah ke Moskow dan tinggal bersama pamannya yang kedua, Abram Abramovich. Setelah menyelesaikan sekolah, Roman Abramovich bergabung dengan tentara hingga mendapat pangkat prajurit pertahanan udara.

Roman Abramovich: Miliuner dari Negeri Beruang Merah

Dalam dua tahun Romawi kembali ke Ukhta dan masuk ke Fakultas Kehutanan di institut industri setempat. Di sini, pebisnis masa depan ini tidak menunjukkan minat yang nyata untuk belajar, tetapi pada itu ini ia melihat dirinya sebagai organisator yang brilian.

Karir

Roman ternyata beruntung dengan kebijakan Rusia membuka beberapa reformasi bisnis dan pajak besar di akhir 80-an ketika dia akan memulai usahanya. Dengan uang yang ia simpan sejauh ini, ia mendirikan perusahaan pembuat mainan plastik bernama "Uyut" dan mulai menjual mainan dengan keuntungan minimal dari apartemen kecilnya.

Betapapun kecilnya laba itu, Roman menunjukkan ketrampilan bisnis yang dimiliki dan setelah menjalankannya selama beberapa taun, Ia menyadari bahwa sudah waktunya untuk beralih ke hal-hal yang lebih besar.

Sejak 1992 hingga 1995, Roman memahami pasar dengan mata yang sangat tajam dan berinvestasi dalam industri yang tepat. Dia kebanyakan mempersempit fokusnya pada pendirian perusahaan-perusahaan yang kemudian dijual kembali dan bertindak sebagai perantara untuk mendapatkan keuntungan. Roman memfokuskan visinya pada perusahaan-perusahaan minyak.

Pada tahun 1995, ia bertemu Boris Berezovsky dan keduanya bermitra untuk menjadi pemegang saham pengendali di perusahaan minyak ‘Sibneft’ dengan nilai US$100 juta.

Roman Abramovich: Miliuner dari Negeri Beruang Merah

Selama Roman mengakuisisi saham Sibneft, kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai US$150 juta dan harga saham melonjak, sehingga menghasilkan laba jutaan dolar untuk Roman dan rekannya. Pada tahun 2000, Boris meninggalkan negara itu setelah tuduhan penipuan dan menjual sahamnya ke Roman.

Setelah mencapai sukses besar dengan Sibneft, Roman mulai mengamati industri aluminium Rusia yang dikenal sebagai sektor yang sangat menguntungkan di masa itu. Perang aluminium sedang berlangsung saat itu dan beberapa pembunuhan pun terjadi demi akuisisi industri.

Ketika Roman mengambil alih dan menerapkan naluri bisnisnya, kejahatan itu berhenti dan ia muncul sebagai satu-satunya pemenang dalam 'Perang Aluminium' Rusia.

FC Chelsea

Pada tahun 2003, Roman Abramovich mendapatkan popularitas yang luas di masyarakat di luar Rusia setelah ia membeli klub sepak bola Inggris "Chelsea", yang pada saat itu berada di ambang kehancuran.

Roman Abramovich Membayar utang klub dan memutuskan untuk mengubah tim. Klub ini menandatangani kontrak jutaan dolar dengan pemain sepak bola paling bergengsi.

Menurut perkiraan, pengusaha ini menginvestasikan sekitar 150 juta pound sterling dalam pengembangan klub, yang menyebabkan aliran kritik dalam pers domestik, terkait dengan fakta bahwa Abramovich mengembangkan olahraga asing.

Roman Abramovich: Miliuner dari Negeri Beruang Merah

Menurut rumor, sebelum pembelian "Chelsea" yang Roman membuat upaya untuk membeli klub Moskow "CSKA". Tetapi usaha tersebut tidak berhasil.

Pada tahun 2015, Roman berinvestasi dalam aplikasi musik Music Messenger Israel dengan menggelontorkan US$30 juta, bermitra dengan musisi seperti Nicki Minaj dan David Guetta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper