Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Buka Bisnis Online? Perhatikan Beberapa Poin Ini

Menjalani sebuah bisnis daring memang membutuhkan persiapan. Belum lagi sikap ragu acap kali melintasi para calon pebisnis ini sehingga mundur dari tujuan yang diraih.
Online shopping/Merchants.polipay.co.nz
Online shopping/Merchants.polipay.co.nz

Bisnis.com, JAKARTA – Menjalani sebuah bisnis daring memang membutuhkan persiapan. Belum lagi sikap ragu acap kali melintasi para calon pebisnis ini sehingga mundur dari tujuan yang diraih.

Ressy Chandra Puspita salah seorang pebisnis sabuk bonceng melalui platform daring mengatakan ada beberapa poin yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis secara online.

1. Belajar tentang bisnis online.

Dia mengatakan sebelum terjun ke bisnis online, calon pebisnis harus mengetahui terlebih dulu bagaimana tata cara berjualan di platfom daring. Langkah paling mudah ialah bergabung dengan komunitas yang juga menjual barang online seperti komunitas Srikandi Bukalapak.

Bergabung dengan komunitas akan menjadikan calon pengusaha mengerti beberapa hal seperti transaksi, memberikan tampilan terbaik pada produk yang dijual hingga pengaturan jam kerja untuk merespon pelanggan.

2. Memulai dari barang sederhana

Pada dasarnya tidak ada yang mengetahui secara pasti apa saja kebutuhan masyarakat. Hal ini sebenarnya dapat memudahkan penjual dengan menjual dari barang-barang sederhana. Ressy mengatakan para pengusaha online bisa memulainya dengan menjual barang yang ada di pasar.

“Sebelum saya memproduksi sabuk bonceng, saya menjual peralatan bayi di pasar karena saya saat itu punya bayi. Jadi mulai dari situ dulu,” katanya kepada Bisnis, Selasa (13/11/2018).

Beberapa pebisnis online kata dia menjual barang-barang khas dari daerahnya. Bahkan dia menyebut ada pula penjual petai. Uniknya petai yang dijual temannya melalui platform online sampai dipesan oleh warga Jayapura.

3. Mencoba dari tingkat dropshipper

Jika masih ragu untuk menjual barang yang dibeli di pasar, Ressy menyarankan dapat memulai dengan menjadi dropsipper. Dropship adalah cara berdagang dengan hanya memperlihatkan gambar melalui akun jual online, setelah ada yang mengorder, barulah di penjual membelinya dari suplier. Sifatnya dropship tidak menyetok barang.

4. Coba saja dulu

Dibandingkan dengan terlalu banyak berteori, Ressy menyarankan agar orang yang ingin berjualan online, lebih baik untuk langsung mencoba dan dapat belajar seiring berjalannya waktu dan pelangalaman. “Yang penting jalanin saja dulu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper