Binar Academy Ingin Jadikan BSD City Pabrik Coder Indonesia

N. Nuriman Jayabuana
Kamis, 13 Desember 2018 | 09:39 WIB
Ilustrasi Binar Academy/Binar Academy
Ilustrasi Binar Academy/Binar Academy
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Binar Academy mendirikan sekolah pemrograman terbarunya yang terletak di kawasan BSD City, Serpong. Lokasi tersebut menjadi pusat pelatihan pemrograman kedua Binar Academy yang memiliki fasilitas serupa di Yogyakarta.

Pendiri sekaligus President Director Binar Academy, Alamanda Shantika, berharap dengan kehadiran sekolah teknologi tersebut dapat menelurkan lebih banyak talenta digital berkualitas di dalam negeri.

"Binar ingin mengambil peran dengan menyediakan pusat edukasi sekaligus talent pool bagi engineer di dalam ekosistem teknologi," ujarnya saat peluncuran Binar Academy di BSD City, Rabu (12/12).

Binar Academy merupakan startup edukasi bagi talenta pemrograman yang didirikan mantan CTO Gojek Alamanda Shantika. Sebelumnya, Binar memililki akademi pemrograman dengan fasilitas beasiswa penuh di Yogyakarta dengan menjaring berbagai komunitas talenta digital di berbagai daerah.

Hanya saja, Binar Academy menyadari kebutuhan akan pembelajaran pemrograman tidak hanya lagi dibutuhkan oleh spesialis pemrograman. Pembelajaran intensif mengenai keterampilan tersebut juga dibutuhkan oleh berbagai kalangan untuk mempelajari bahasa pemrograman dari nol.

Alamanda melihat kebutuhan dan ketersediaan talenta digital di Indonesia belum mencapai titik keseimbangan. Dirinya mengetahui betul bahwa beragam perusahaan berbagai rintisan teknologi tengah menghadapi kesulitan yang sama dalam menjaring talenta sesuai standar industri.

Dengan demikian, Binar ingin memperdalam peranan dalam penyediaan talenta digital yang berkualitas untuk dapat terjun ke dalam industri. Berbagai keterampilan pemrograman yang tersedia di dalam Binar Academy mencakup pembelajaran untuk profesi software engineer, product designer, hingga product owner. Pusat pelatihan pemrograman Binar Academy sudah mencatatkan sekitar 2.000 ribu siswa pendaftar.

"Binar Academy bekerja sama dengan banyak mitra yang memiliki kesamaan visi dalam mengakselerasi penyediaan talenta digital berkualitas. Kami yakin Binar Academy di BSD City ini dapat menjadi the next  Sillicon Valley  atau hub digitalnya Indonesia," ujarnya.

Binar Academy yang didirikan di BSD City merupakan hasil kerja sama perusahaan dengan Sinarmas Land. Dalam jangka panjang, Sinarmas berambisi menjadikan kawasan Digital Hub BSD City sebagai pusat ketersediaan talenta digital.

Digital Hub Project Leader Sinarmas Land Irawan Harahap mengakui rekam jejak Binar Academy dalam upaya mencetak talenta digital yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan teknologi.

"Harapan kami dengan hadirnya Binar Academy, pelaku teknologi digital di Indonesia akan mendapat pengetahuan, pengalaman, serta perilaku yang dibutuhkan profesional tenaga kerja di bidang teknologi digital baik bagi startup maupun persusahaan besar di Digital Hub BSD City," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper