Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DBS: Indonesia Urutan Keempat Soal Jumlah Startup

Indonesia termasuk dalam daftar lima besar negara di dunia dengan jumlah startupterbanyak berdasarkan laman Startup Ranking. Pada awal 2018, tercatat total startupIndonesia mencapai 1.705, menempatkan Indonesia di urutan keempat di bawah Amerika Serikat (28.794), India (4.713), dan Inggris (2.971). dan sebagian besar founder dari startup tersebut berasal dari Generasi Y.
Food Start up Indonesia
Food Start up Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia termasuk dalam daftar lima besar negara di dunia dengan jumlah startupterbanyak berdasarkan laman Startup Ranking. Pada awal 2018, tercatat total startupIndonesia mencapai 1.705, menempatkan Indonesia di urutan keempat di bawah Amerika Serikat (28.794), India (4.713), dan Inggris (2.971). dan sebagian besar founder dari startup tersebut berasal dari Generasi Y.

Director PT Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung mengatakan beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha baru dalam memprediksi pendapatan yang akan diperoleh secara akurat adalah dengan mengelola pengeluaran melalui efisiensi biaya. Salah satu contoh yang dapat diambil adalah penggunaan co-working space yang lebih efisien secara biaya dibandingkan menyewa satu ruangan kantor dalam suatu gedung perkantoran. 

“Selain efisiensi biaya, menggunakan co-working space juga bermanfaat dalam membuka kesempatan bertemu dengan pebisnis lainnya demi memperluas jaringan,” kata Rudy dalam keterangan resminya Sabtu (22/12/2018).

Selain itu, DBS juga memberikan sejumlah tips untuk para pelaku usaha yang baru mencoba memulai bisnis, yaitu:

1.     Mulai dengan ide sederhana

Memulai suatu bisnis tentunya merupakan tantangan yang cukup besar. Kita dapat memulai bisnis bisa dengan ide sederhana dari permasalahan yang kita temui sehari-hari. Tentunya, dalam memulai bisnis jangan terpaku oleh tren, dikarenakan tren bisnis yang tengah berkembang pasti terdapat kompetitor yang serupa. Jadi, kita harus memiliki ide kreatif yang memiliki ciri khas tersendiri sehingga berbeda dengan startup lain.

2.     Tentukan analisa pasar dan target konsumen

Analisa pasar dan target konsumen merupakan salah satu hal penting yang menentukan kesuksesan suatu bisnis. Analisa pasar mencakup analisa kompetitor dan juga siapa target yang ingin kita sasar. Analisa pasar merupakan perkembangan perusahaan lain yang memiliki bisnis serupa dan bagaimana strateginya.

3.     Bekerja berdasarkan timeline

Kesuksesan sebuah bisnis tidak terlepas dari sikap kedisiplinan yang harus dijunjung tinggi oleh pelaku bisnis itu sendiri. Hal tersebut bisa dimulai dari menentukan apa saja yang harus dilakukan dan menyusun prioritas yang harus dicapai dalam periode waktu tertentu untuk mengukur perkembangan bisnis. 

4.     Mengikuti kelas dan workshop bisnis

Menghadiri berbagai kelas dan workshop tentang startup akan membantu kita untuk belajar lebih dalam dan mendapatkan inspirasi dari para pendahulu yang telah berhasil menjalankan bisnisnya.

5.     Bekerjasama dengan Institusi Perbankan

Masalah yang sering terjadi pada para penggiat startup seringkali lalai membuat prediksi yang akurat dalam mengelola pengeluaran agar keuntungan meningkat. Maka dari itu, bekerjasama dengan institusi perbankan sebagai mitra untuk memulai bisnis baru dapat menjadi solusi agar kita dapat dengan fokus mewujudkan bisnis yang kita inginkan. 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper