Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peluang Bisnis Jamu Kian Berkhasiat Bikin Untung

Tren mengonsumsi jamu di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), menjadi gaya hidup dadakan masyarakat. Saat ini, jamu juga bisa menjadi peluang usaha.
Pedagang jamu tradisional di Banjarbaru, Tarmuji. -Antara
Pedagang jamu tradisional di Banjarbaru, Tarmuji. -Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memelihara daya tahan tubuh dengan mengonsumsi jamu. Minuman tradisional yang bisa menjaga daya tahan tubuh, jamu kini bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat.

Apalagi, Presiden Joko Widodo juga sering mempromosikan khasiat jamu yang secara tidak langsung ikut menaikkan popularitas jamu di Indonesia. Hal ini diperkuat pula oleh pernyataan para ahli yang mengatakan empon-empon sebagai bahan dasar minuman jamu dapat menangkal virus Covid-19.

Yuswohady, Managing Partner Inventure memperkirakan setelah krisis berlalu, tren minum jamu akan mengalami kenormalan baru. Jamu yang awalnya hanya ditemui pada tukang jamu gendong lalu diracik dan disajikan ala barista oleh café kekinian sehingga menjadikan jamu relevan melintasi zaman.

“Nantinya, orang nongkrong bisa sambil minum jamu atau meeting di kafe dengan memesan minuman jamu, dan itu akan menjadi hal yang lazim. Jamu is becoming part of leisure,” tuturnya.

Yuswo bahkan menyebutkan bahwa jamu sebagai new espresso. Konsumen yang dulu sering mengonsumsi kopi, secara perlahan mulai beralih dan rajin mengonsumsi jamu.  Jamu yang dulu hanya dikonsumsi oleh masyarakat pedesaan dan dianggap sebagai minuman “jadul”, kini mulai banyak dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat modern di kota besar.

Salah satu café kekinian yang mempelopori racikan jamu ala barista adalah Acaraki. Di café ini, jamu yang rasanya pahit dan menyengat diolah menjadi minuman kekinian dengan varian rasa yang nikmat pula berkhasiat.

“Kafe jamu kekinian seperti Acaraki ini saya perkirakan bakal makin marak, tren minum jamu akan menjadi kenormalan baru,” tuturnya.

Betul saja, tren ini lantas dilirik oleh sejumlah café coffee kekinian yang meluncurkan berbagai menu minuman berbahan herbal atau jamu. Kondisi ini kian memperkuat posisi jamu untuk naik kelas dan menjadi new lifestyle atau gaya hidup baru dalam kondisi new normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper