Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Cara Memberikan Apresiasi dan Penghargaan pada Karyawan di Masa Pandemi

Namun menghargai komitmen pekerja, ketika mereka berada di garis depan atau bekerja dari rumah, apapun bentuknya, adalah hal yang penting.
Virtual office./startworknow.com
Virtual office./startworknow.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Dengan dana terbatas, jarak fisik dan ketidakpastian beberapa pemimpin usaha mungkin merasa sulit untuk sekadar memberikan pengakuan atau penghargaan kepada karyawan saat ini.

Namun menghargai komitmen pekerja, ketika mereka berada di garis depan atau bekerja dari rumah, apapun bentuknya, adalah hal yang penting.

Dilansir melalui Entrepreneur pada Senin (1/6), jika Anda membutuhkan inspirasi untuk penghargaan kepada karyawan selama masa krisis, pertimbangkan ide-ide berikut.

1. Kiriman Kebutuhan Pokok

Berikan penghargaan kepada karyawan atas kerja keras mereka dengan membantu mereka menutupi biaya pengiriman makanan dan bahan makanan.

Dengan berbagai layanan pengiriman yang tersedia saat ini Anda dapat memberikan voucher berlangganan atau membuka akun perusahaan untuk pembelian dan pengantaran kebutuhan pokok.

2. Hadiah Bulanan

Opsi lain yang mungkin dapat dimanfaatkan oleh karyawan Anda saat bekerja dari jarak jauh adalah gift box bulanan. Anda memiliki banyak pilihan untuk dikirim, termasuk banyak kebutuhan seperti produk segar, daging, makanan siap saji dan camilan sehat.

Atau, Anda dapat memilih gift box bertema hobi atau minat si penerima. Jenis gift box seperti ini dapat membantu anggota tim Anda untuk menghabiskan waktu luang dan membuktikan bahwa Anda peduli terhadap mereka.

3. Berikan Pengakuan Sosial

Imbalan perusahaan kepada karyawan tidak selalu dilihat dari nominalnya. Seringkali, karyawan hanya menginginkan pengakuan atas upaya yang mereka lakukan. Sebarluaskan prestasi mereka di sosial media Anda dan biarkan mereka menikmati sorotan dari semua orang.

4. Pengembangan berkelanjutan

Sekarang banyak pekerja memiliki lebih banyak waktu di tangan mereka, ini adalah kesempatan yang sempurna untuk membantu karyawan fokus pada pengembangan pribadi dan profesional mereka. Tanyakan kepada mereka keterampilan apa yang ingin mereka kembangkan, kemudian beri mereka kesempatan untuk memilih apa yang penting bagi mereka.

5. Cuti Berbayar

Bekerja dari rumah seringkali justru membuat kita lebih sulit menjauh dari pekerjaan seperti ketika kita bekerja dari kantor. Akibatnya, karyawan Anda mungkin menemukan dirinya bekerja lebih dari yang seharusnya.

Cuti yang dibayar dapat membantu karyawan untuk beristirahat dan mengisi ulang energi. Hal ini akan menunjukkan bahwa perusahaan menginginkan yang terbaik untuk anggota timnya, termasuk kebutuhan istrirahat fisik dan kondisi mental yang memadai.

6. Rayakan secara virtual

Cara lain untuk menghargai karyawan adalah dengan melakukan sesuatu yang istimewa untuk seluruh tim. Seiring berlanjutnya sistem kerja dari rumah, tidak sedikit pekerja yang merasa terdemotivasi. Pendekatan ini membantu tim untuk fokus pada sesuatu yang positif sambil menunjukkan kepada mereka betapa Anda menghargai upaya mereka.

7. Ucapkan Terima Kasih

Biasakan untuk berterima kasih kepada karyawan Anda atas apa yang mereka lakukan. Coba rujuk alasan spesifik untuk penghargaan Anda. Ini menambah keaslian pesan Anda sambil juga menghubungkan nilai yang Anda lihat di dalamnya dengan hasil yang mereka capai untuk Anda dan perusahaan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper