Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Bangkit dari Kegagalan Bisnis

Hanya sepertiga dari seluruh bisnis kecil yang mampu beroperasi hingga 10 tahun sementara ada 20% dari bisnis kecil yang bahkan tidak dapat melewati tahun pertamanya.
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA -- Mengutip laporan Administasi Bisnis Kecil AS, hampir 50% bisnis kecil tidak akan sempat merayakan lima tahun usahanya berjalan.

Hanya sepertiga dari seluruh bisnis kecil yang mampu beroperasi hingga 10 tahun sementara ada 20% dari bisnis kecil yang bahkan tidak dapat melewati tahun pertamanya.

Menutup bisnis bukanlah akhir dari kisah bisnis Anda. Setiap pengusaha perlu menemukan cara untuk berurusan dengan penutupan bisnis tanpa ditentukan kegagalan sebelumnya adalah satu-satunya cara untuk maju dan memulai tantangan baru.

Berikut adalah beberapa kiat praktis dari pengusaha dan pakar bisnis yang mengetahui satu atau dua hal tentang perjuangan bangkit dari kegagalan, seperti dilansir melalui Business News Daily.

1. Terima keadaan dan tenangkan pikiran

Cara Bangkit dari Kegagalan Bisnis

Kegagalan bisa terjadi pada siapa saja, jadi jangan terlalu keras pada diri sendiri.

Proses setiap orang untuk menerima keadaan hingga dapat berpikir tenang dimulai dengan meluangkan waktu untuk meratapi kerugian dan menemukan kembali diri Anda tanpa bisnis sebagai bagian dari identitas Anda.

"Menerima kegagalan itu, dari diri sendiri, sulit, dan kadang-kadang lebih mudah untuk disangkal daripada menerima bahwa usaha di mana Anda tempatkan hati, jiwa, darah, dan keringat tidak akan membuahkan hasil," kata Nitin Seth, CEO dari Incedo, yang menghadapi kegagalan bisnisnya sendiri di awal karirnya ketika dia harus menutup perusahaan internet kesehatan dan gaya hidupnya.

Tidak ada alasan untuk percaya bahwa karena usaha terbaru Anda tidak berakhir seperti yang Anda bayangkan, ide cemerlang Anda berikutnya tidak akan menjadi pendorong Anda menuju sukses.

2. Evaluasi

Cara Bangkit dari Kegagalan Bisnis

Sangatlah penting untuk jujur pada diri sendiri dan bertanggung jawab atas tindakan dan pilihan Anda sambil menganalisis apa yang terjadi pada bisnis Anda dan mendokumentasikan keberhasilan dan kesalahan.

"Jika Anda membuat alasan, itu hanya menghentikan pembelajaran dan memperpanjang rasa sakit," kata Tom Scarda, seorang pembicara, pakar waralaba, dan penulis yang memiliki bisnis yang sangat menguntungkan dan bisnis yang gagal.

Setelah Anda tahu persis apa yang salah, beri izin pada diri Anda untuk melepaskan dan melanjutkan.

Belajar dari kegagalan, tinggalkan rasa bersalah dan bergerak maju.

3. Cari Tahu Kondisi Keuangan Anda

Cara Bangkit dari Kegagalan Bisnis

Uang sering kali merupakan topik sensitif bahkan dalam situasi terbaik, tetapi ketika kreditor menelepon dan Anda tidak tahu dari mana gaji Anda berikutnya akan datang, uang mungkin satu-satunya hal di pikiran Anda.

Pengusaha yang telah melalui situasi ini merekomendasikan untuk menjangkau jaringan profesional dan pribadi Anda untuk mencari pekerjaan. Bekerja untuk orang lain untuk sementara waktu sebelum terjun ke usaha bisnis Anda selanjutnya mungkin dapat membantu.

Setelah Anda memiliki kinerja yang stabil, Anda akan dapat memperoleh penghasilan, membayar hutang dan meluangkan waktu untuk mencari tahu langkah selanjutnya. Dalam beberapa kasus, apa yang dimulai sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan dapat menuntun Anda ke ide besar berikutnya.

4. Bangun jaringan pendukung

Cara Bangkit dari Kegagalan Bisnis

Ketika kita dikelilingi dengan orang-orang yang benar-benar peduli dengan kesejahteraan Anda dapat membantu untuk bangkit kembali dan melanjutkan hidup.

"Hargai nilai hubungan dan bangunlah saat Anda membutuhkannya," kata Seth.

Menurut Seth, teman-teman dan keluarga, yang dapat memberikan dukungan, menawarkan saran yang tidak memihak, mendukung kesuksesan Anda, dan memberikan umpan balik yang jujur, membuat Anda lebih mawas diri dalam menghadapi kesulitan.

Sama seperti lingkaran teman dan keluarga yang ketat membantu memusatkan kehidupan pribadi Anda, jaringan solid sumber daya bisnis, mentor, dan sesama pengusaha dapat membantu mengembalikan kehidupan profesional Anda ketika Anda siap untuk memulai lagi.

"Anda akan menemukan diri Anda kehilangan fokus jika Anda mencoba untuk melakukannya sendiri. Mulai dari awal, saya memastikan untuk terhubung dengan pengusaha lain [dan] bergabung dengan organisasi profesional," kata Keisha A. Rivers, pendiri dan kepala fasilitator KARS Group.

5. Temukan kembali Jati Diri Anda

Cara Bangkit dari Kegagalan Bisnis

Ketika siap memasuki bab selanjutnya dalam hidup Anda, buatlah roadmap tentang bagaimana Anda visi baru terealisasi, dan tetapkan tujuan yang terukur serta kerangka waktu untuk mencapainya.

Bagi sebagian orang, memulai ulang dapat berarti memasuki kembali tenaga kerja di industri yang sudah dikenal, sementara yang lain akan mengejar profesi yang sama sekali baru.

Tetapi bagi mereka yang tidak bisa menghilangkan nilai-nilai kewirausahaan, mereka mungkin akan memulai bisnis baru.

Bagi orang-orang ini, disarankan untuk belajar dari kesalahan masa lalu sebelum terjun ke bisnis baru.

Tetapi pada akhirnya, tidak peduli seberapa baik Anda mempersiapkan, memulai kembali sering melibatkan mengambil keputusan yang abstrak.

Terkadang itu berarti mengambil risiko dan berharap bahwa, dalam jangka panjang, manfaatnya lebih besar daripada kerugiannya.

Scarda mengingatkan pengusaha agar tidak terhambat oleh rasa takut.

"Ingat, kamu akan menyesali hal-hal yang tidak kamu lakukan, bukan hal-hal yang kamu lakukan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper