Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Strategi Mewariskan Bisnis

Memilih untuk pensiun dari usaha yang Anda rintis biasanya dapat dilakukan ketika emasuki usia 60-an, atau bisa terjadi lebih awal jika Anda seorang milenial yang berpegang pada F.I.R.E. (Financial Independence Retire Early),
Surat wasiat
Surat wasiat

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketika membahas skenario bisnis jangka panjang untuk wirausahawan, tujuan akhirnya adalah untuk dapat memperoleh penghasilan tanpa bekerja.

Memilih untuk pensiun dari usaha yang Anda rintis biasanya dapat dilakukan ketika emasuki usia 60-an, atau bisa terjadi lebih awal jika Anda seorang milenial yang berpegang pada F.I.R.E. (Financial Independence Retire Early), yang mengutamakan pembatasan pengeluaran dan memaksimalkan tabungan dan investasi.

Apakah nantinya Anda melakukan itu atau merangkul pendekatan tradisional untuk perencanaan pensiun, intinya adalah Anda memikirkan tentang rencana di masa depan.

Tetapi apakah ada sesuatu yang mungkin tidak Anda pikirkan dan seharusnya Anda lakukan? Perencanaan kematian dan penerus usaha Anda. Berikut adalah empat strategi tentang perencanaan penerus bisnis bagi pengusaha, seperti dikutip melalui Entrepreneur, Kamis (17/9).

1. Diskusikan keputusan keuangan.

Ketika Anda mulai memikirkan tentang perencanaan jangka panjang untuk penerus bisnis, Anda harus memiliki gambaran tentang siapa ahli waris Anda. Dalam beberapa kasus yang dipilih adalah pasangan, atau mungkin anak-anak atau keluarga besar lainnya. Meskipun Anda menangani pengambilan keputusan keuangan sepenuhnya, penting untuk mendiskusikan logika di balik keputusan tersebut sehingga ahli waris atau penerus memahami pola bisnis Anda.

Ini sangat penting dalam situasi di mana pendapatan bisnis Anda adalah sumber finansial utama penerus Anda. Mengkomunikasikan alasan di balik keputusan keuangan membantu membangun kesadaran dan irama sehingga ketika Anda bukan lagi yang bertanggung jawab, sehingga ahli waris atau penerus Anda dapat mengambil alih tanpa ragu.

2. Tulis surat wasiat.

Surat wasiat dapat mendata menetapkan arus aset Anda serta membuat aset tersebut mudah ditemukan dan diidentifikasi. Mungkin Anda memiliki akun darurat di suatu tempat yang tidak diketahui orang lain, atau mungkin Anda memiliki akun terpisah hanya atas nama Anda. Surat wasiat harus memiliki daftar bank tempat Anda melakukan transaksi bank, jenis rekening, dan bahkan saldo sehingga penerima Anda tidak mencari-cari jarum di tumpukan jerami.

Surat wasiat Anda bisa sedetail atau mendasar seperti yang Anda inginkan, tetapi setidaknya itu harus menyatakan keinginan Anda dan ahli waris yang dituju. Anda harus secara teratur meninjau dan mendiskusikan rincian surat wasiat Anda dengan penerima yang Anda pilih.

3. Menunjuk co-owner atau pengalihan kuasa.

Menetapkan ahli waris sebagai co-owner atau manajemen memungkinkan mereka membuat keputusan seolah-olah mereka adalah Anda, sepenuhnya independen dari Anda, dengan semua hak dan keistimewaan yang sama. Adapun untuk pengalihan kuasa, ahli waris Anda akan memiliki hak finansial yang sama tapi dengan sejumlah batasan. Mereka harus membuktikan statusnya sebagai kuasa hukum dan biasanya akan mengambil keputusan jika Anda tidak mampu

4. Beli polis asuransi jiwa.

Kematian adalah topik tabu yang tidak ingin dibicarakan oleh siapa pun, terutama saat Anda membicarakan tentang diri Anda sendiri. Seperti keuangan pribadi pada umumnya, orang cenderung mengabaikan isu penting, out-of-sight, out-of-mind. Ini adalah kesalahan, karena kematian adalah suatu kemungkinan.

Ada beragam polis asuransi untuk dipilih, dan spesialis asuransi jiwa dapat membantu dalam memilih polis terbaik untuk menutupi biaya yang terkait dengan kematian Anda dan dukungan berkelanjutan untuk ahli waris.

Singkatnya, komunikasi dengan ahli waris atau penerus yang Anda tuju berarti semua orang memiliki pandangan yang sama tentang tujuan keuangan kolektif jika Anda meninggal. Apakah mereka secara langsung didukung oleh bisnis Anda atau tidak, ahli waris Anda harus mengetahui apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya saat Anda tidak lagi hadir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper