Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Cara Mempertahankan Kesuksesan Bisnis dalam Segala Kondisi

Di masa-masa sulit Anda selalu punya pilihan seperti pasrah atau mendekati tantangan sebagai kesempatan untuk memimpin.
Ilustrasi peluang bisnis
Ilustrasi peluang bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Berbeda dengan kondisi kemerosotan ekonomi terakhir, wirausahawan saat ini mempriorotaskan kemanan dukungan pemasaran yang mereka butuhkan untuk mempertahankan profitabilitas untuk bisnis kecil mereka.

Jennifer Kem, CEO The Master Brand Institute, belajar dari pengalaman betapa sakitnya kehilangan segalanya akibat perubahan drastis dalam krisis keuangan 2008-2009 ketika dia terpaksa menutup toko ritelnya. 

Dilansir melalui Entrepreneur, Senin (19/10/2020), dalam setahun dia bangkrut, meminjam uang dari ibunya, dan mengetuk semua pintu untuk mencari di mana dia dapat menemukan kesempatan terbaik berikutnya untuk membiayai hidup dirinya dan kedua putrinya.

Saat ini, dia adalah CEO dari dua perusahaan berpenghasilan delapan digit yang keduanya berfokus pada strategi merek dan konsultasi pemasaran untuk perusahaan dan bisnis kecil.

Ketika dia menyaksikan perjuangan ekonomi dan para pemimpin bisnis kecil mengubah arah bisnis dari potensi kerugian, Jen merasa bersemangat untuk menawarkan baik ceritanya maupun alat yang diperlukan yang membantu mereka membangun kembali dari kebangkrutan dan menjadi pemimpin bisnis.

Berikut adalah 'Success Map', strategi pemasaran empat bagian yang dikembangkan Jen untuk mendukung para pemimpin bisnis meningkatkan pendapatan dan menjaganya dari risiko terlepas dari keadaan ekonomi terkini melalui pola pikir, perpesanan, pemasaran, dan monetisasi.

1. Pola Pikir

Langkah pertama dari Peta Sukses Jwn adalah menguasai pola pikir Anda sebagai pemimpin bisnis. Di masa-masa sulit Anda selalu punya pilihan: pasrah atau mendekati tantangan sebagai kesempatan untuk memimpin.

Begitu banyak merek besar yang kita temui setiap hari lahir atau menjadi sukses saat resesi. Di antaranya adalah Microsoft didirikan selama resesi embargo minyak tahun 1973.

Platform pemasaran Mailchimp dibentuk selama resesi dot-com pada tahun 2001. Resesi hebat pada tahun 2008 bahkan menjadi momentum debut beberapa perusahaan rintisan seperti Uber dan Airbnb. Jika mereka bisa melakukannya, Anda juga bisa dan begini caranya: berkomitmen pada kerangka kerja yang berpusat pada nilai perusahaan.

Nilai inti perusahaan Anda adalah komitmen yang memungkinkan Anda untuk tetap termotivasi terlepas dari keadaan ekonominya.

Meskipun laba atas investasi Anda melambat, fokuslah pada laba atas dampaknya karena ketika ekonomi membaik, seperti yang selalu terjadi karena siklusnya, audiens Anda akan mengingat Anda sebagai seseorang yang berpegang pada nilai-nilai Anda dan secara konsisten mendukung mereka selama tantangan.

2. Komunikasi dengan klien.

Langkah kedua dalam Peta Sukses Jen adalah komunikasi melalui perpesanan.

Selama masa-masa sulit, audiens Anda membutuhkan dukungan, jadi pastikan untuk membuat pesan kreatif yang menampilkan merek Anda sebagai merek Anda yang berpusat pada nilai dan sadar komunitas. Selama sejumlah kemerosotan ekonomi sepanjang sejarah, kita berulang kali melihat keberhasilan bisnis yang memenuhi kebutuhan masyarakat.

Jika Anda dapat secara konsisten menyusun pesan yang berempati dan efektif, Anda akan merasa lebih percaya diri dalam pemasaran dan audiens akan lebih memahami mengapa mereka membutuhkan Anda.

3. Strategi pemasaran.

Percaya atau tidak, dalam ekonomi yang buruk atau baik, pemasaran selalu penting. Selama pandemi, semua bisnis ditantang untuk memulai atau membangun bisnisnya di ruang digital. 

Meskipun Anda berada dalam bisnis ritel fisik, seperti yang dia lakukan pada tahun 2008, Anda tetap dapat menjual barang secara online dan / atau memasarkan keahlian dari pengalaman Anda melalui kursus, buku kerja, acara virtual, dll.

Mulailah berpikir tentang bagaimana Anda dapat membentuk pendapatan online.  Lalu, pasarkan penawaran baru Anda. Sederhananya, pemasaran adalah proses memberi tahu orang yang membutuhkan Anda bahwa Anda dapat membantu mereka.

4. Monetisasi.

Sekarang setelah pola pikir, perpesanan, dan pemasaran Anda semuanya selaras, Anda dapat fokus pada memaksimalkan pendapatan dengan memperbaiki percakapan penjualan dan penutupan harga. 

Melalui monetisasi, Anda hanya mengundang orang-orang yang sudah menyukai dan mempercayai Anda untuk memberi dampak yang lebih besar dalam hidup mereka, menggunakan keahlian dan pengalaman Anda untuk membimbing mereka.

Jika Anda seorang pemimpin bisnis yang ingin memastikan bahwa pendapatan Anda dapat diprediksi dan pengaruh Anda dapat diraba sementara kebutuhan audiens Anda terpenuhi, maka pastikan untuk memiliki pola pikir yang digerakkan oleh nilai, pesan yang mendukung, pemasaran yang konsisten, dan strategi monetisasi online dan offline yang jelas.

Kemudian pertahankan fokus Anda dan lindungi kepercayaan diri Anda melalui praktik perawatan diri dan dapatkan dukungan dari mentor, teman, dan keluarga.

Kerangka kerja ini sangat efektif dalam membuktikan bisnis Jen di masa depan dan dapat mendukung Anda juga, bagaimana pun keadaan ekonomi atau dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper