Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Resign dari Kerjaan Buat Bangun Bisnis Sendiri

Dalam dunia pekerjaan ada banyak dinamika terjadi di dalamnya. Sering kali pekerjaan membuat tidak nyaman dalam lingkungan, waktu atau pemasukanya. Dengan begitu, banyak yang beranggapan membuka bisnis sendiri lebih menyenangkan.
Prima Hayuningputri, pemilik Mad Bagel. /Putri
Prima Hayuningputri, pemilik Mad Bagel. /Putri

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam dunia pekerjaan ada banyak dinamika terjadi di dalamnya. Sering kali pekerjaan membuat tidak nyaman dalam lingkungan, waktu atau pemasukanya. Dengan begitu, banyak yang beranggapan membuka bisnis sendiri lebih menyenangkan.

Hal itu pula yang membuat Prima Hayuningputri memutuskan untuk membuka Mad Bagel dan keluar dari dunia perkantoran.

"Jiwa enterpreneur itu harus ada terlebih dahulu. Kalau saya memang sudah suka berjualan sejak dulu, bahkan pernah jual baju dari jahitan saya sendiri. Saat jiwa itu ada, semua akan terasa menyenangkan saat dilakukan. Namun bukan berarti lebih mudah," ungkap wanita yang akrab disapa Putri tersebut saat dihubungi Bisnis, Selasa (18/5/2021).

Menurut Putri, sebelum mempertimbangkan untuk resign dari pekerjaan untuk berwirausaha, harus dipikirkan dengan matang pilihan tersebut. Dengan begitu, bisnis yang dirintis akan berjangka panjang.

Berikut tips mengundurkan diri dari pekerjaan untuk berwirausaha dari owner Mad Bagel.

1. Jenis Bisnis

Sebenarnya meskipun kita tidak dituntut untuk mengerjakan pekerjaan perusahaan, seperti bangun dan berangkat tempat waktu ke kantor. Menjadi enterpreneur akan menemukan gelombang yang baru. Oleh karena itu, harus konsisten dengan pilihan tersebut apapun bidang usaha yang dipilih. Pilihlah bidang usaha yang disuka dan dikuasai bukan hanya mengikuti tren. Dengan begitu, tahu untuk menentukan akan melakukan apa ke depannya.

2. Jangan Tergesa-gesa

Saat menjadi enterpreneur, aktivitas yang dikerjakan tidak akan seperti tidak ada tujuan. Bila sebelumnya dituntut target perusahaan, kini Anda sendiri yang membuat target dan merencanakan segalanya. Baiknya jangan lepas pekerjaan utama begitu saja. Calon wirausaha harus merasa terlebih dahulu dinamikanya usahanya. Dengan begitu, saat dirasakan tidak cocok dan menyerah di bidang tersebut, masih ada pekerjaan utama yang menanti. Cobalah menjadikan bisnis tersebut sebagai usaha sambilan terlebih dahulu.

3. Buat Perbandingan

Buatlah data dari kelebihan bekerja di kantor dan usaha rintisan sendiri. Dari data tersebut, bandingkan mana yang paling menguntungkan. Mulai dari segi waktu, penghasilan dan kepuasan batin lainnya. Tentunya, sumber penghasilan bekerja di kantor akan lebih pasti daripada berwirausaha. Maka dari itu, diperlukan mental kuat untuk mengatasi perbedaan tersebut.

4. Cari Teman Diskusi

Cari teman tepat untuk berkonsultasi dapat memberikan masukan berarti untuk menentukan pilihan. Dengan berbagi saran akan membuat segalanya jadi lebih mudah untuk dilakukan. Pilihlah orang yang paling tepat, mulai dari keluarga, sahabat bahkan seseorang yang baru dikenal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper