Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sederet Langkah Banjarnegara Promosikan Dawet Ayu

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mengambil sejumlah langkah untuk mendorong Dawet Ayu, sebagai produk asli Banjarnegara baru-baru ini memenangkan anugerah sebagai minuman tradisional terpopuler dan juara favorit API 2020.
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. /ANTARA
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mengambil sejumlah langkah untuk mendorong Dawet Ayu, sebagai produk asli Banjarnegara baru-baru ini memenangkan anugerah sebagai minuman tradisional terpopuler dan juara favorit API 2020.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mendorong para pelaku kuliner serta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), termasuk para pengusaha Dawet Ayu, terus berkreasi dan berinovasi guna meningkatkan daya saing di tengah pandemi Covid-19.

"Pelaku kuliner, UMKM dan ekonomi kreatif di Kabupaten Banjarnegara perlu terus berkreasi serta meningkatkan prestasi dan inovasi mengingat tingkat persaingan yang makin ketat di tengah pandemi Covid-19," katanya seperti dikutip Antara,  Senin (31/5/2021).

Keberadaan pelaku kuliner, UMKM, dan ekonomi kreatif itu dinilai sangat penting untuk terus menggerakkan perekonomian lokal. Oleh karena itu, Pemkab terus berupaya memfasilitasi UMKM dan mengintensifkan program pemberdayaan dan pendampingan.

Bupati juga berharap Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2020 yang berhasil diraih oleh Dawet Ayu sebagai minuman tradisional terpopuler diharapkan dapat menjadi pemantik semangat bagi para pelaku UMKM.

"Dawet Ayu sebagai produk asli Banjarnegara memenangkan anugerah sebagai minuman tradisional terpopuler dan juara favorit API 2020, semoga ini dapat menjadi inspirasi para pelaku kuliner, UMKM dan ekonomi kreatif di Banjarnegara untuk lebih meningkatkan prestasi dan inovasi," katanya.

Dia berharap ke depan akan makin banyak prestasi yang diraih oleh Kabupaten Banjarnegara. "Dawet Ayu menjadi cambuk penyemangat untuk menorehkan lebih banyak prestasi yang makin gemilang. Ke depan saya harapkan Kawah Sikidang di Dataran Tinggi Dieng juga akan menjadi objek wisata yang mendunia," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah akan terus memperkuat sosialisasi dan promosi minuman tradisional Dawet Ayu agar makin dikenal oleh masyarakat luas.

"Kami akan terus memperkuat promosi minuman Dawet Ayu sebagai produk asli Banjarnegara agar makin dicintai dan diakui cita rasanya oleh masyarakat Indonesia," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto.

Pihaknya juga akan meningkatkan branding Dawet Ayu dengan memberikan fasilitas tenda kepada penjual Dawet Ayu yang berjualan di pinggir jalan. "Kami juga akan membuat kampung Dawet Ayu dengan standar pelayanan dan cita rasa yang premium," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper