Peluang Bisnis Menjanjikan Saat Ini di Indonesia

Untuk menentukan suatu bisnis pada dasarnya tidaklah terlalu sulit jika kita mau mempelajari dan juga mengenali peluang bisnis terlebih terlebih dahulu.
Foto: dok. Istimewa
Foto: dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah meredanya Covid, saatnya memulai bisnis. Ada peluang bisnis yang menjanjikan saat ini. Hostinger Indonesia, perusahaan brand layanan hosting, memberikan masukan terkait peluang bisnis apa saja yang cocok dan berpotensi berkembang dalam situasi di tengah masa pemulihan ekonomi, terutama bagi mereka yang memulai berbisnis.

SEO Hostinger Indonesia, Hanifa, mengatakan pada dasarnya tidak terlalu sulit untuk menentukan suatu bisnis. Akan tetapi harus mempelajari dan juga mengenali peluang bisnis terlebih dahulu agar bisa menentukan bisnis yang tepat sesuai passion, keahlian, dan potensi pasarnya. Berikut beberapa peluang usaha potensial yang bisa dipilih: 

Kursus Online

Usaha ini menarik karena termasuk  jenis usaha yang tidak memerlukan modal besar. Kursus online sangat cocok bagi mereka yang mempunyai keahlian tertentu. Beberapa jenis kursus secara online, seperti Bahasa Inggris, desain grafis, dan lainnya. Dukungan domain untuk kebutuhan bisnis juga tidak terlalu menjadi beban biaya karena saat ini sudah terdapat domain dan hosting murah. Bahkan cara pembuatan website untuk promosi pun semakin mudah dengan adanya fitur drag and drop.

Bisnis Rental Mobil

Bisnis ini merupakan usaha yang sebenarnya sudah ada sejak lama. Akan tetapi hingga saat ini bisnis sewa mobil tetap menjadi salah satu yang potensial terutama di hari-hari libur. Untuk memulai bisnis ini tidak perlu memiliki banyak unit mobil. Punya satu unit pun sudah bisa langsung menjalankannya. Di sisi lain pebisnis ini juga bisa membuat website untuk kebutuhan promosi dan pemasaran.

Jasa Membuat Website

Mempunyai keahlian membuat website bisa menjadi salah satu usaha paling potensial saat ini. Kini banyak perusahaan yang membutuhkan website untuk pemasaran maupun promosi. Selain itu, banyak pilihan domain yang bisa ditentukan untuk membuatnya. Usaha ini tidak hanya potensial, tapi juga menguntungkan.

Peluang Bisnis Menjanjikan Saat Ini di Indonesia

Foto: dok. Istimewa

Bisnis Dropshipper

Hingga saat ini dropshipper masih menjadi salah satu usaha yang potensial dan menguntungkan. Bahkan bisnis ini bisa dijalankan dengan modal di bawah Rp10.000.000-an. Selain itu juga tidak perlu memiliki produk atau jasa untuk menjalankan bisnis ini. Saat ini bahkan para dropshipper tidak hanya bisa menjalankan bisnisnya di marketplace saja. Bahkan bisa membuat sebuah website di Hostinger untuk menjual berbagai produk dropship yang dijual.

Menjual Software atau Perangkat Lunak

Bisnis ini sangat cocok untuk mereka yang ahli di bidang pembuatan perangkat lunak. Saat ini banyak perusahaan maupun instansi yang membutuhkannya untuk mempermudah pekerjaan. Selain itu, pemasarannya juga berskala internasional. Jika software yang dimiliki kualitasnya bagus, maka tidak menutup kemungkinan bisa dipasarkan ke luar negeri. Terlebih saat ini ada banyak dukungan platform yang bisa dimanfaatkan untuk menjualnya.

Bisnis Barber Shop/Salon Kecantikan

Saat ini bisnis jasa potong rambut dan kecantikan ‘mewabah’ hingga ke berbagai daerah. Barber shop umumnya jasa potong rambut khusus pria sedangkan untuk wanita biasanya disebut sebagai salon kecantikan. Bisnis yang satu ini merupakan salah satu layanan yang potensial yang hingga saat ini banyak dicari. Untuk menjalankan bisnis ini, tidak perlu ahli di bidang terkait karena bisa merekrut orang-orang yang andal untuk bekerja.

Jasa Penitipan Kucing

Bisnis penitipan hewan peliharaan merupakan salah satu bisnis yang tak kalah potensial saat ini. Sebut saja salah satunya jasa penitipan kucing yang kini sudah mulai populer di perkotaan. Bahkan bisnis ini tergolong menguntungkan karena tidak memerlukan modal besar. Pebisnis bisa memanfaatkan ruangan kosong di rumah sebagai tempat untuk menempatkan kucing-kucing yang dititipkan. Modal lain yang harus dikeluarkan, hanya kandang dan juga makanan kucing selama dititipkan.

Membuat dan Menjual Aneka Makanan Ringan

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak akan pernah ada matinya. Salah satu bisnis kuliner yang mudah dan tidak memerlukan modal besar yaitu bisnis makanan ringan. Usaha ini cocok juga untuk mereka yang ahli mengolah makanan. Ada banyak ide makanan ringan yang bisa dijual. Contohnya seperti keripik talas, keripik kentang, dan lain-lain. Proses pemasaran bisa dilakukan secara online maupun offline dengan membuka toko sendiri maupun dititipkan di warung-warung.

Menjalankan Bisnis Franchise

Peluang usaha ini merupakan salah satu yang paling mudah. Anda bisa langsung membeli franchise atau waralaba yang sudah populer baik di bidang minuman maupun makanan. Tidak perlu repot bagaimana menjalankannya karena semuanya sudah siap dijalankan karena  mulai dari gerobak, bahan-bahan, hingga karyawan semua sudah disiapkan oleh pemilik waralaba. Anda hanya perlu mencari tempat saja.

Menjual Barang atau Jasa di Toko Online

Bagi mereka yang sudah memiliki produk atau jasa untuk dijual, sebaiknya membuat website di jasa layanan hosting terpercaya. Selain itu toko online dan offline juga bisa dimanfaatkan untuk memperluas jaringan pemasaran. Saat ini ada banyak sekali produk maupun jasa yang bisa dijual secara online. Bahkan kini sudah tersedia domain dengan harga terjangkau bagi yang ingin mewujudkannya. Proses pembuatannya pun tidak sulit karena platform hosting saat ini sudah menyediakan fitur yang memudahkannya.

Bisnis Rias Pengantin (MUA)

MUA atau rias pengantin merupakan bisnis yang saat ini sedang laris-larisnya. Jasa tersebut banyak dicari mengingat saat ini prosesi pernikahan yang selalu harus menggunakan jasa tersebut untuk meningkatkan estetika dalam berpenampilan dalam sebuah prosesi pernikahan. Bisnis di bidang jasa ini cocok bagi yang punya bakat dan keahlian di bidang tersebut. Saat ini bahkan banyak kursus atau sekolah-sekolah MUA yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menggali ilmu dan wawasan di bidang tersebut lebih dalam. 

Peluang Bisnis Menjanjikan Saat Ini di Indonesia

Foto: dok. Istimewa

Bisnis Pakaian Kucing

Bisnis yang satu ini tergolong masih baru dan juga masih minim pesaing. Bagi yang ahli di bidang pembuatan pakaian, bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk membuat pakaian kucing yang saat ini sedang trend. Anda bisa menjualnya di marketplace atau melalui toko online sendiri. Selain itu, bisnis ini juga bisa dijalankan secara dropship.

“Silahkan cari distributor yang menjual produk tersebut, kemudian menjualnya kembali melalui sistem dropship,” ujar Hanifa.

Bisnis Food Truck

Sebenarnya bisnis ini sudah populer sejak lama di luar negeri. Namun kini bisnis tersebut juga sudah mulai populer di Indonesia. Banyak masyarakat yang punya kendaraan berjenis truk menggunakannya untuk berbisnis makanan maupun minuman. Salah satu food truck yang populer di Indonesia yaitu berjualan es krim. Selain itu juga ada banyak produk makanan lain yang tak kalah populer dan banyak disukai sehingga tinggal memilih menu yang diinginkan.

Bisnis Laundry

Bagi mereka  yang tinggal di daerah strategis, bisnis laundry bisa menjadi pilihan yang tepat. Contoh daerah yang strategis di antaranya seperti dekat dengan rumah indekos, perkantoran, dan daerah strategis lainnya. Untuk memulai bisnis ini, bisa dengan dua atau tiga unit mesin laundry. Untuk mempermudah usaha juga bisa merekrut karyawan untuk membantu mengerjakan tugas-tugas usaha.

“Itulah berbagai peluang bisnis menguntungkan dan juga populer saat ini. Bagaimana, sudah menentukan ingin memilih menjalankan bisnis yang mana?,” katanya.

Hanifa juga memberikan saran pamungkas. Agar usaha tersebut dapat berkembang, maka promosi menjadi syarat mutlak. Salah satunya, dengan pembuatan website.

 “Dengan adanya jasa pembuatan website, bisa membantu lebih banyak orang dalam mempromosikan dan menjual produk ke seluruh dunia, yang tentunya tidak bisa dilakukan melalui toko fisik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper