Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari berjualan secara online. Tertarik untuk berjualan online, tetapi masih ragu?
Tips bisnis planning/istimewa
Tips bisnis planning/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat banyak penjual barang beralih ke toko online dengan memanfaatkan fitur internet yang semakin canggih. Adapun, mereka yang sebelumnya tidak pernah berjualan, mulai tertarik memasuki dunia perdagangan online guna menambah pemasukan.

Selama pembatasan sosial, kreativitas dan ide hebat penjualan mulai bermunculan. Hal ini semakin mendorong rasa ingin membangun toko online. Namun, sebelum memulainya, ini hal yang perlu kamu ketahui sehingga penjualan dapat cepat laku dan ramai pembeli.

Tertarik? Intip, sederet fakta yang harus kamu ketahui tentang berjualan di toko online sebagai berikut ini.

Cara Mendapatkan Keuntungan Berjualan Online

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari berjualan secara online. Tertarik untuk berjualan online, tetapi masih ragu? Coba cek terlebih dahulu perkiraan keuntungan yang bisa diperoleh dengan berjualan secara online.

1. Biaya awal lebih murah

Menjalankan toko fisik perlu mempertimbangkan dan memikirkan terkait biaya operasionalnya. Mulai dari harga sewa hingga utilitas. Namun, ketika mendirikan toko di internet, kamu tidak perlu khawatir tentang hal tersebut. Tentu, kamu tetap harus mengeluarkan biaya untuk operasional, seperti membangun web, tetapi biasanya jauh lebih murah daripada biaya mendirikan toko fisik.

2. Bebas

Saat menjual produk secara online, kamu tidak akan terjebak di lokasi tertentu. Kamu bisa mengoperasikan penjualan secara online tanpa terbatas oleh tempat. Kamu hanya butuh akses ke internet dan perangkat yang mendukung untuk menjalankan bisnis.

3. Jangkauan lebih luas pelanggan

Melihat segi target pembeli, dengan berjualan secara online kamu bisa berpeluang besar menjangkau pelanggan secara nasional dan bahkan internasional secara praktis.

Tidak ada hambatan untuk berbelanja saat melakukannya secara online. Namun, mungkin lebih mahal untuk mengirimkan produk secara internasional, tetapi menjual secara online dapat meningkatkan permintaan.

4. Mudah

Fitur di internet bisa bergerak secara gesit dan mudah. Berkat hal ini, kamu bisa sangat mudah untuk melacak penjualan produk, memutuskan mana yang berjalan dengan baik, serta menambah dan menghapus produk secara real time.

5. Tidak terbatas oleh waktu

Internet aktif 24/7, yang berarti kamu selalu terbuka untuk bisnis. Bahkan saat kamu tidur, pesanan bisa masuk. Itu bisa memperluas penjualan dan meningkatkan keuntungan kamu karena tidak ada waktu hentinya.

6. Harga jual lebih murah

Tanpa semua biaya tambahan seperti toko fisik, kamu dapat menawarkan produk secara online dengan harga lebih rendah dan tetap menghasilkan keuntungan. Ketika menjual online, margin kamu cenderung meningkat karena biaya melakukan bisnis lebih rendah.

7. Lacak penjualan dan pengiriman

Berkat perangkat lunak analitik, manajemen inventaris, dan alat logistik, pelacakan penjualan online kamu menjadi mudah. Itu dapat menginformasikan keputusan tentang apa yang harus dijual dan bagaimana meningkatkan hubungan pelanggan, menentukan harga produk, dan melacak tingkat pengiriman, yang semuanya akan meningkatkan efisiensi dan keuntungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper