Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dorong Transaksi Nontunai, Mandiri Borneo Coffee Fest Digelar

Dalam upaya mendorong warga Balikpapan, Kalimantan Timur, mengubah kebiasaan belanja dari transaksi tunai menjadi nontunai, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Area Balikpapan menggelar Mandiri Borneo Coffee Fest 2019.
Ilustrasi penikmat kopi./Reuters-Darren Whiteside
Ilustrasi penikmat kopi./Reuters-Darren Whiteside

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Dalam upaya mendorong warga Balikpapan, Kalimantan Timur, mengubah kebiasaan belanja dari transaksi tunai menjadi nontunai, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Area Balikpapan menggelar Mandiri Borneo Coffee Fest 2019.

Berbagai jenis kopi Nusantara tersaji dalam acara yang dihelat di area taman Borneo Bay atau di belakang Plaza Balikpapan ini karena Bank Mandiri menghadirkan 16 tenant coffee shop lokal. Acara itu berlangsung mulai Jumat (1/3/2019) hingga Minggu (3/3/2019).

"Paling tidak sepertiga warga Balikpapan yang merupakan nasabah Bank Mandiri bisa datang ke sini. Dengan event seperti ini diharapkan mampu mengubah perilaku cara pembayaran masyarakat," ungkap Area Head Bank Mandiri Balikpapan, Puji Heru Subardi, dalam jumpa pers pada Jumat.

Menurut dia, sejalan dengan misi pemerintah Kota Balikpapan menjadi kota berkonsep smart city, pihaknya ingin mengubah kebiasaan belanja masyarakat dari tunai menjadi nontunai.

“Melalui event Mandiri Borneo Coffee Fest yang kedua ini [yang pertama pada November tahun lalu] kami bisa meningkatkan transaksi nontunai. Ya, di acara ini setiap transaksi diwajibkan memakai kartu nontunai Bank Mandiri. Mulai dari debit, kredit, dan e-money. Khusus uang elektronik kami hadirkan kartu e-money khusus berlogo event ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan e-money edisi khusus ini bisa didapatkan di booth Bank Mandiri di depan lokasi acara. “Ada dua petugas kami yang siap membantu. Saldo maksimal untuk e-money Rp 1 juta,” ucapnya.

Selain itu, pengguna uang elektronik Bank Mandiri yang ingin membeli kopi racikan barista top di Balikpapan ini akan mendapat cash back hingga 50 persen.

"Acara ini kami berikan untuk pencinta kopi yang ada di Balikpapan. Kita tahu menikmat kopi sekarang cukup tinggi. Kalau mau mencicipi racikan barista lokal cukup datang ke acara ini, tidak perlu harus berkeliling Balikpapan,” tuturnya.

Pihaknya juga menawarkan berbagai promo menarik, khususnya pengambilan unit mobil dan motor. Khusus event ini, uang muka kendaraan roda dua hanya 5 persen. Lalu bunga ringan untuk kendaraan roda empat.

Selain itu, Bank Mandiri akan melakukan pengundian program lucky dip.  Program ini dilaksanakan dari November tahun lalu. Tenant yang berpartisipasi dan nasabah Mandiri berkesempatan mendapat hadiah uang tunai, satu unit mobil Avanza dan satu unit Motor Honda Beat.

Kepala Unit Pengawasan SP, PUR dan KI, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Roni Cahyadi, mengatakan acara seperti ini bisa mengubah perilaku transaksi dari konvensional atau tunai menjadi nontunai. Artinya, menuju ke cashless bukan mimpi lagi.

“Angkanya saya belum tahu, tapi dari acara seperti ini pengguna atau transaksi nontunai pasti naik. Apalagi penyedianya sekarang sudah banyak. Mulai dari membayar parkir, belanja di warung dan supermarket,” ujar Roni.

Ketua Panitia Mandiri Borneo Coffee Fest, Krishna Galih, menjelaskan pula bahwa pihaknya akan menghadirkan beberapa rangakaian acara menarik seperti seminar tentang kopi dan lomba meracik kopi yakni manual brew dan latte art.

“Dari peserta lomba latte art dan manual brew saja tahun ini cukup banyak. Laporan terakhir, untuk latte art pesertanya 30 orang dan manual brew 40 orang. Lombanya kami gelar pada Sabtu dan Minggu,” ucap Khrishna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper