Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Sumber Tambahan untuk Investasi di Bulan Ramadan

Tujuannya, selain dana bertumbuh, kita juga bisa menikmatinya di masa depan.
Ilustrasi puasa/Istimewa
Ilustrasi puasa/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA— Selama bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan menjalankan puasa, yaitu menahan diri dari makan-minum dari Subuh hingga Mahrib. Makna menahan diri dalam puasa ternyata sejalan dengan semangat pengelolaan finansial.

Dalam investasi, kita dituntut untuk bisa menyisihkan dana yang ditempatkan pada instrumen tertentu, dan ditahan untuk periode waktu tertentu pula, bisa jangka menengah atau jangka panjang. Tujuannya, selain dana bertumbuh, kita juga bisa menikmatinya di masa depan.

Nah, selama Ramadan, jika semangat menahan diri itu dijalankan, bagi Anda pekerja yang menerima gaji bulanan, ternyata banyak pos pengeluaran yang bisa ditekan dan kemudian dialokasikan untuk masuk ke kantong investasi.

Menurut Enry Danil, Head of Fixed Income PT Syailendra Capital, setidaknya ada dua sumber menambah suntikan dana investasi selama Ramadan, yaitu Tunjangan Hari Raya (THR) dan pos alokasi makan siang. Pasalnya, selama puasa kita tidak mengeluarkan uang untuk makan siang, sehingga bisa disimpan untuk masuk pos investasi.

Sebagai contoh, dengan asumsi pengeluaran makan siang sekitar Rp50.000 – Rp100.000 per hari, maka Anda yang menjalankan ibadah puasa dapat dana tambahan sekitar Rp1,5 juta—Rp3 juta. Itu dari penghematan uang makan siang.

Selanjutnya, Anda bisa menyisihkan THR untuk tambahan awal modal investasi. Tidak harus banyak, karena pastinya keluarga juga butuh dana untuk merayakan Idulfitri.

 Berikut simulasi tambahan investasi bulan Ramadan

Tabungan makan siang                    : Rp1.500.000 – Rp3.000.000

Penyisihan THR                                    : Rp1.000.000

Total dana tambahan investasi : Rp2.5.000—Rp4.000.000

Di luar itu, Anda tetap harus mengalokasikan gaji bulanan untuk investasi. Jika alokasi bulanan untuk investasi adalah Rp500.000 atau Rp1 juta, maka di akhir Ramadan Anda akan mendapat suntikan dana  investasi hingga Rp5 juta.  Tentu bukan tambahan dana yang kecil jika alokasi bulanan Anda untuk investasi berkisar di Rp1 jutaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper