Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program Pangan Murah, Bank DKI Kucurkan Kredit Rp700 miliar

Untuk menciptakan ekosistem dan kelancaran transaksi di pasar, maka Bank DKI mendukung melalui perusahaan pangan plat merah DKI Jakarta, dengan menyalurkan kredit.
Warga melintas didekat logo bank DKI di Jakarta. Bisnis/Dedi Gunawan
Warga melintas didekat logo bank DKI di Jakarta. Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Bank DKI menggelontorkan dana kebutuhan pangan bagi warga DKI Jakarta senilai Rp700 miliar kepada dua badan usaha milik daerah (BUMD) untuk mendukung program pangan murah 2020.

"Dua BUMD yang sudah bekerja sama adalah PT Food Station dan PD Dharma Jaya. Masing-masing Rp300 miliar hingga Rp400 miliar," kata Direktur Utama Bank DKI Zainudin Mappa, Sabtu (22/2/2020).

Dia menuturkan kerja sama itu mengacu pada Pergub 93/2018 tentang Perubahan Atas Pergub 6/2018 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Pangan dengan Harga Murah Bagi Masyarakat Tertentu.

Zainudin mengatakan Food Station maupun Darma Jaya selama ini sudah menjalankan fungsi sebagai penyedia kebutuhan pangan bagi masyarakat DKI.

"Mereka membutuhkan tambahan permodalan untuk menyalurkan pasokan kepada masyarakat. Sifatnya perputaran dana melalui pendanaan komersial," imbuhnya.

Selain penyediaan dana permodalan, Bank DKI juga masuk ke ekosistem pasar dengan membantu kelancaran pembayaran melalui platform pembayaran untuk kemudahan bertransaksi konsumen.

Namun, mekanisme pembiayaannya disesuaikan dengan ekosistem bisnis masing-masing.

Selain penyaluran kredit kepada BUMD DKI Jakarta, Bank DKI turut mendukung operasi pangan murah yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Bank DKI Bersama Dinas KPKP DKI, PT Food Station Tjipinang Jaya, PD Dharma Jaya dan Perumda Pasar Jaya menggelar Program Pangan Murah Jakarta.

Program yang berlangsung setiap bulan ini menjual daging sapi Rp35.000/kg daging kerbau Rp30.000/kg, daging ayam Rp8.000 /kg, telur ayam Rp10.000/ 15 butir, beras Rp30.000/5 kg, ikan kembung Rp13 ribu/kg, dan susu UHT Rp30.000/ karton (24 pak).

"Program ini menyasar kelompok masyarakat tertentu antara lain pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, Kartu Pekerja Jakarta (KPJ), Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan Pegawai Harian Lepas (PHL) dengan pendapatan UMP," imbuhnya.

Pangan Murah digelar setiap Senin hingga Sabtu pukul 08.00-17.00 WIB di outlet-outlet Dharma Jaya, pasar-pasar kelolaan Perumda Pasar Jaya, JakGrosir, JakMart dan Gerai Kewirausahaan Terpadu. Selain itu, juga bisa dikunjungi di sejumlah rusun dan RPTRA yang telah dijadwalkan Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper