Manfaat Dana Darurat Ketika Menghadapi Pandemi Corona Covid-19

Teruntuk yang masih bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan, mari sisihkan uang untuk dana darurat untuk kejadian yang tidak diinginkan menimpa diri Anda di kemudian hari. Walaupun tidak ada persentase atau hitungan pasti yang menentukan besarnya dana darurat, setidaknya kumpulkan uang sebesar 3 bulan pengeluaran Anda.
Ilustrasi: Dana Darurat
Ilustrasi: Dana Darurat

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah diumumkan 2 orang pertama di Indonesia yang terjangkit corona pada awal bulan Maret kemarin, Indonesia kini tengah berada dalam keadaan yang tidak baik-baik saja. Tidak hanya merenggut nyawa orang, virus ini juga merenggut banyak pekerjaan orang dan membuat perekonomian Indonesia goyah.

Setelah himbauan #dirumahaja dari pemerintah untuk menekan penyebaran virus, ternyata membuat efek negatif kepada pelaku usaha. Pusat perbelanjaan atau mal, bisnis perhotelan dan pariwisata, maskapai penerbangan, hingga UMKM dan pedagang kecil sepi. Orderan ojek dan taksi online tak seramai biasanya.

Pastinya, kondisi ini membuat banyak orang stres. Ancaman bisnis akan benar-benar gulung tikar, terkena PHK atau dirumahkan tanpa mengantongi gaji sepeserpun juga menjadi kecemasan banyak orang saat ini. Dalam situasi suram seperti sekarang ini, tidak bisa dipungkiri kalau dana darurat menjadi sangat penting.

Beruntunglah bagi yang sudah punya cadangan uang sehingga tidak perlu pinjam cepat untuk menyambung hidup di kemudian hari. Tapi tidak ada yang tahu, kapan situasi ini akan berakhir. Selagi masih ada wabah corona, risiko tetap ada. Jadi, jangan sepelekan hal ini, karena banyak sekali manfaat untuk kelangsungan hidup seseorang. Apa saja manfaat tersebut? Mari simak ulasan berikut.

 Tidak Perlu Khawatir Jika Sakit

Ilustrasi: seorang pasien yang sedang dirawat
Ilustrasi: seorang pasien yang sedang dirawat

Walaupun ada asuransi kesehatan dari perusahaan atau memiliki asuransi sendiri, terkadang perusahaan asuransi kesehatan tidak menanggung penuh biaya pengobatan dan perawatan atau menggunakan sistem reimburse, sehingga Anda perlu merogoh kocek sendiri tanpa perlu meminjam dari pihak manapun. Bila Anda memiliki dana darurat, tidak perlu mengkhawatirkan keuangan bila sewaktu-waktu menderita sakit.

Punya Dana Cadangan Bila di PHK

Ilustrasi: seorang yang di PHK
Ilustrasi: seorang yang di PHK

Apabila Anda termasuk salah satu orang yang terkena PHK atau tidak bisa bekerja ketika wabah ini berlangsung, dana darurat bisa jadi penolong. Tentunya untuk membiayai hidup Anda selama beberapa bulan kedepan selagi belum mendapatkan pekerjaan. Contohnya untuk memenuhi kebutuhan pokok, seperti bayar sewa rumah, tagihan listrik dan air, biaya makan dan kesehatan, serta lain sebagainya.

Menstabilkan Cash Flow dalam Keadaan Apapun

Ilustrasi: Neraca
Ilustrasi: Neraca

Tidak hanya di PHK dan ketika sakit saja, dana darurat juga berperan penting untuk menjaga cash flow Anda tetap stabil. Bila Anda membutuhkan dana yang nominalnya sedikit seperti membeli bahan makanan, vitamin dan alat kesehatan lebih banyak karena musibah virus corona, memperbaiki kendaraan rusak hingga mendapat musibah banjir atau kebakaran yang bisa menghabiskan aset, dana darurat menjadi pahlawan keuangan Anda tanpa perlu menghabiskan seluruh pendapatan atau meminjam kepada keluarga.

Tidak Memiliki Dana Darurat Saat Keadaan Gawat? Pakai Cara Ini

Teruntuk yang masih bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan, mari sisihkan uang untuk dana darurat untuk kejadian yang tidak diinginkan menimpa diri Anda di kemudian hari. Walaupun tidak ada persentase atau hitungan pasti yang menentukan besarnya dana darurat, setidaknya kumpulkan uang sebesar 3 bulan pengeluaran Anda.

Sementara kalau Anda membutuhkan dana secara cepat saat ini, seperti untuk membeli kebutuhan pokok, kebutuhan rumah sakit atau dana tambahan untuk membeli obat dan perlengkapan pencegah virus lainnya seperti masker, sabun, desinfektan, ada Kredivo yang bisa dijadikan solusi pinjaman cepat yang tepercaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper