Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi Jadi Penyalur KUR, BNI Syariah Target Rp700 Miliar

Penyaluran program KUR pemerintah dengan suku bunga sebesar 6% efektif per tahun atau margin anuitas/flat yang setara.
Karyawan menghitung uang rupiah di Kantor Bank BNI Syariah di Jakarta, Senin (24/2/2020)
Karyawan menghitung uang rupiah di Kantor Bank BNI Syariah di Jakarta, Senin (24/2/2020)

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank BNI Syariah telah resmi ditunjuk pemerintah menjadi salah satu penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hal ini ditunjukkan dengan adanya izin bagi perseroan untuk menyalurkan KUR melalui produk BNI KUR iB Hasanah per September 2020.

Pada Rabu (2/9/2020), BNI Syariah telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama Kementerian Koperasi dan UKM terkait dengan pembiayaan skema subsidi margin KUR. Selanjutnya, pada hari ini (3/9/2020), BNI Syariah melakukan peluncuran produk pembiayaan BNI KUR iB Hasanah dan penandatanganan akad bersama. Penyaluran program KUR pemerintah dengan suku bunga sebesar 6% efektif per tahun atau margin anuitas/flat yang setara.

Direktur Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi menyampaikan target penyaluran KUR BNI Syariah sebesar Rp700 miliar. Jumlah tersebut akan disalurkan dalam bentuk KUR mikro sebesar Rp350 miliar dan KUR kecil Rp350 miliar.

Penyaluran KUR mikro akan menyasar beberapa segmen yang menjadi fokus perseroan yaitu sektor pertanian, perdagangan, industri, perikanan, dan peternakan. Juga sektor jasa lain yang sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan dalam KUR.

"KUR ini adalah program pemerintah dengan tingkat margin yang menarik di angka ekuivalen 6%. Ini sangat terjangkau, sehingga mudah mudahan bisa diserap oleh masyarakat," katanya dalam peluncuran produk pembiayaan BNI KUR iB Hasanah, Kamis (3/9/3030).

Dia berharap produk pembiayaan BNI KUR iB Hasanah bisa memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing UMKM dan penyerapan tenaga kerja.

"Diharapkan bisa memaksimalkan pengembangan bisnis pembiayaan mikro BNI Syariah dan membantu mensukseskan program pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan dan perekonomian rakyat," imbuhnya.

Asdep Asuransi, Penjaminan dan Pasar Modal Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Irene Swa Suryani menyampaikan BNI Syariah menjadi penyalur KUR syariah yang ketiga. Sebelumnya ada PT Bank BRI Syariah Tbk. dan Bank NTB Syariah yang menjadi penyalur KUR syariah.

"Telah ditetapkan plafon penyaluran KUR BNI Syariah tahun 2020 sebesar Rp700 miliar," katanya.

Lebih lanjut, Irene menyebut sampai dengan 31 Agustus 2020, realisasi KUR mencapai Rp93,53 triliun atau 53,1% dari target Rp176,22 triliun yang disalurkan kepada 2,74 juta debitur. Dari jumlah itu, terdiri dari KUR Mikro Rp83,80 triliun kepada 1,8 juta debitur, KUR kecil sebesar Rp19,04 triliun kepada 100.816 debitur, serta KUR TKI sebesar Rp0,27 triliun kepada 9.475 debitur.

"Total realisasi untuk subsidi KUR sampai dengan 31 Agustus sebesar Rp9,79 triliun atau 51,78% dari pagu anggaran Rp18,91 triliun," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper