Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wajib Tahu! Ini Daftar Istilah dalam Trading Aset Kripto

Anda penasaran atau ingin mulai investasi uang kripto? Berikut istilah-istilah perlu Anda ketahui sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.
Ilustrasi perdagangan Bitcoin./Istimewa
Ilustrasi perdagangan Bitcoin./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Aset kripto (cryptocurrency) menjadi sorotan investor dalam beberapa waktu terakhir. Apalagi, ketika hampir seluruh aset kripto mengalami crash atau anjlok sangat dalam pada Rabu (19/5/2021).

Cryptocurrency atau mata uang digital ini dikembangkan menggunakan teknologi enkripsi. Mata uang kripto ini hanya berlaku untuk transaksi-transaksi digital dengan sistem peer to peer.

Lantaran menggunakan teknologi digital, banyak investor kerap kali kebingungan dengan istilah-istilah yang jarang ditemui tentang dunia trading aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, dan lainnya.

Anda penasaran atau bahkan ingin mulai investasi uang kripto? Berikut istilah-istilah perlu Anda ketahui sebelum berinvestasi dalam dunia trading cryptocurrency seperti dilansir dari The Telegraph

Altcoin
Altcoin adalah kata gabungan yang berasal dari kata “alternatif” dan “koin” yang mengacu pada mata uang digital jenis lain selain Bitcoin.

Bagholder
Istilah Bagholder digunakan kepada trader yang gagal keluar saat terjadi pump and dump. Bagholder digambarkan kepada investor yang merugi karena memegang saham dengan performa jelek dalam waktu lama.

Bitcoin
Mata uang digital yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada 2008 lalu. Kini, Bitcoin menjadi mata uang digital untuk bertransaksi dengan kode singkatan BTC.

Blockchain
Pada dasarnya Blockchain adalah teknologi yang mendasari mata uang digital dengan menjaga keamanan sistem data.

FUD
FUD adalah singkatan dari Fear, Uncertainty, and Doubt. FUD adalah strategi investor yang ingin menurunkan harga koin kripto agar mereka bisa membelinya dengan harga murah.

FOMO
FOMO adalah singkatan dari Fear of Missing Out. Istilah FOMO ditujukan bagi investor pemula yang baru masuk investasi saham, termasuk kripto. Kata ini dipakai bagi mereka yang mengikuti saran pasar atau senior karena takut kehilangan peluang.

HODL
Hodl adalah anagram dari Hold. Namun, belakangan ini Hodl memiliki arti ‘Hold On for Dear Life'. Hodl digunakan dalam dunia kripto sebagai strategi menahan atau mempertahankan aset kriptonya.

Pump and Dump
Pump and Dump umumnya digunakan untuk menggambarkan strategi yang tengah dilakukan investor dalam trading kripto. Dengan menggirim opini investor dan trader atas koin tertentu dan dampaknya meningkatkan harga koin tersebut.

Rekt
Rekt adalah istilah bagi pemain kripto yang mengalami kesialan. Para trader menggunakan kata ini untuk investor yang membuat keputusan buruk dengan menjual atau membeli koin.

Software Wallet
Software Wallet atau dompet perangkat lunak merupakan tempat Anda "menyimpan" Bitcoin atau mata uang kripto lainnya - atau lebih tepatnya, tempat Anda menyimpan kunci pribadi yang digunakan untuk mengakses alamat Bitcoin publik Anda dan menandatangani transaksi.

Kombinasi kunci publik penerima dan kunci pribadi Anda adalah yang memungkinkan transaksi Bitcoin. Dompet perangkat lunak menyimpannya di server pihak ketiga, atau Anda dapat memilih untuk menyimpannya di dompet desktop yang diunduh ke komputer atau gadget Anda.

Whale
Whale adalah sebutan bagi para pedagang atau trader dalam pasar kripto. Istilah ini untuk menggambarkan para trader yang memiliki aset kripto dalam jumlah besar, atau minimal 5 persen dari keseluruhan aset digital yang disimpan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper