Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak! 6 Tips Menjaga Keamanan Rekening dari OJK

Berikut 6 tips menjaga keamanan rekening yang bisa Anda jalankan agar tidak terkena kejahatan perbankan.
Nasabah bertransaksi di ATM BNI/Istimewa
Nasabah bertransaksi di ATM BNI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membagikan tips untuk menjaga keamanan rekening bank milik konsumen.

Tips tersebut disampaikan melalui akun Instagram resmi OJK (@ojkindonesia) pada Selasa (25/5/2021). OJK menyampaikan modus kejahatan perbankan di era digital semakin berkembang dengan berbagai modus baru dan memanfaatkan kelalaian konsumen dalam menjaga data pribadi.

Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan modus kejahatan perbankan di era digital semakin berkembang dengan berbagai modus baru dan memanfaatkan kelalaian konsumen dalam menjaga data pribadi.

"Untuk mencegah hal tersebut, masyarakat dapat melakukan serangkaian pencegahan seperti mengaktifkan fitur notifikasi transaksi, mengecek histori transaksi secara berkala melalui aplikasi mobile banking, menjaga keamanan seluler dan koneksi internet yang digunakan, serta menjaga kerahasiaan data pribadi," ujarnya seperti dikutip dari IG @ojkindonesia, Selasa (25/5/2021).

OJK juga memaparkan lima cara yang dapat masyarakat lakukan untuk menjaga keamanan rekening.

Berikut 6 tips menjaga keamanan rekening yang bisa Anda jalankan:

1. Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi
Fitur ini akan membantu Anda dengan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon Anda ketika ada transaksi baik dana masuk atau keluar.

2. Cek histori rekening atau saldo secara berkala
Saat ini, Anda bisa sangat mudah untuk mengecek histori rekening dan saldo melalui aplikasi mobile banking atau internet banking Bank yang Anda miliki.

3. Aktifkan fitur verifikasi dua langkah
Amankan perangkat seluler Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

4. Hindari menggunakan WiFi Publik
Untuk melakukan transaksi perbankan Anda disarankan menggunakan jaringan internet pribadi dan menghindari menggunakan WiFi Publik.

5. Jaga data pribadi
Jangan pernah memberikan User ID, kode OTP, PIN rekening atau nama Ibu Kandung ke siapapun, termasuk pihak bank dan udah password secara berkala.

6. Berhati-hati saat menggunakan ATM
Untuk menghindari terjadinya skimming, pastikan tidak ada benda mencurigakan seperti tempelan alat lain di sekitar ATM. Selalu mawas diri terhadap di sekitar ATM yang menawarkan bantuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper