Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adu Jumbo Uang Tunai di BRI, Mandiri, BNI, & BTN Sambut Musim THR Lebaran 2023

Himpunan bank milik negara (Himbara) menyiapkan dana kas puluhan triliun untuk mengantisipasi keperluan libur lebaran 2023.
Kegiatan penukaran uang tunai yandi kawasan Monumen Nasinonal (Monas) Jakarta sebelum pandemi./ Dok. BI
Kegiatan penukaran uang tunai yandi kawasan Monumen Nasinonal (Monas) Jakarta sebelum pandemi./ Dok. BI

Bisnis.com, JAKARTA — Bank berpelat merah yang tergabung dalam himpunan bank milik negara atau Himbara menyiapkan dana kas puluhan triliun untuk keperluan libur lebaran 2023.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BBRI Sunarso mengatakan keperluan libur lebaran menjadi hal yang mendesak. Perseroan pun menjaga agar risiko operasional serta likuiditas selama libur lebaran bisa terjaga.

"Kami kemudian menyediakan dana kas untuk hari raya sebesar Rp32 triliun," kata Sunarso dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bank-bank BUMN dengan Komisi VI DPR pada Selasa (28/3/2023).

Dana jumbo juga disiapkan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI). Bank yang identik dengan segmen korporasi itu menyediakan dana kas Rp49,6 triliun untuk keperluan libur lebaran tahun ini. "Jadi, likuiditas kami cukup, cadangan likuiditas juga ample. Kelebihan likuiditas bisa dimanfaatkan untuk penyediaan dana kas," kata Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

Lalu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) menyiapkan dana tunai Rp45,9 triliun untuk kebutuhan nasabah selama ramadan dan lebaran 2023. Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati mengatakan dana tersebut nantinya akan dialokasikan untuk pemenuhan ATM, CRM atau customer relationship management, hingga outlet. 

"Persiapan lebaran, kami jaga risiko operasional juga siapkan likuiditas," jelasnya.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) Nixon LP Napitupulu mengatakan BTN pun telah menyiapkan dana kas untuk persiapan lebaran. Mulai 13 April 2023 hingga 27 April 2023 perseroan menaikan likuiditas atau posisi kasnya 1,3 kali lebih besar dibandingkan kondisi normal, menjadi Rp1,75 triliun per hari. 

"Jadi, total likuiditas yang disiapkan BTN menghadapi libur lebaran adalah Rp26,3 triliun, itu baik di ATM, kantor cabang, hingga mobil kas keliling," kata Nixon.

Libur lebaran 2023 kali ini akan mengerek kebutuhan uang tunai. Pemerintah telah mengumumkan akan membayarkan tunjangan hari raya (THR) bagi PNS dan pensiunan. Sedangkan perusahaan swasta wajib memenuhi THR karyawannya sepekan sebelum Idul Fitri 2023 menjelang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper