Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KoinWorks: Pembiayaan UMKM Berpotensi Naik Jelang Idulfitri

KoinWorks memprediksi adanya potensi kenaikan pembiayaan UMKM jelang Hari Raya Idulfitri.
Karyawan menunjukan aplikasi KoinWorks saat meluncurkan KoinP2P di Jakarta, Kamis (20/2/2020).
Karyawan menunjukan aplikasi KoinWorks saat meluncurkan KoinP2P di Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Bisnis.com, JAKARTA -- Startup fintech KoinWorks melihat adanya potensi peningkatan pembiayaan jelang Hari Raya Idulfitri 1444 H. Terlebih saat ini pengajuan pinjaman masih terus berjalan menginjak minggu kedua Ramadan. 

"Hingga saat ini, tren pengajuan pinjaman dari para pelaku usaha ke Koinworks terbilang stabil dan menunjukkan adanya potensi peningkatan pembiayaan hingga menjelang Idul Fitri," kata CEO dan Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono kepada Bisnis di Jakarta, Kamis (30/3/2023). 

Tahun lalu, Benedicto mengatakan bahwa pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengalami peningkatan pada pertengahan bulan Ramadan dibandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya. 

Tren tersebut, menurutnya, merupakan fenomena setiap tahun yang terjadi di Indonesia di mana aktivitas konsumsi masyarakat turut meningkat di masa Ramadan.

"Tidak terkecuali aktivitas pada UMKM di bidang FnB [Food and Beverage] dan fasihon yang banyak dibutuhkan untuk Hari Raya Idulfitri," imbuhnya. 

Benedicto mengingatkan bahwa masa Ramadan menjadi momentum penting bagi UMKM untuk menjaga cashflow keuangan usaha dan mengajukan pinjaman usaha untuk mendukung permintaan produk yang meningkat di masa Ramadan. 

Menurutnya, agar keuangan usaha tetap terjaga, UMKM perlu untuk melakukan perencanaan keuangan yang tepat. 

"Rencana pengajuan pinjaman harus berdasarkan pada kebutuhan. Selain itu pemasukan usaha perlu dipastikan lebih besar dari pengeluaran, dan UMKM harus mengalokasikan keuangan dengan tepat," katanya. 

KoinWorks merupakan neobank untuk UMKM di Indonesia dengan 2,2 juta pengguna, yang menyediakan solusi pengembangan bisnis untuk UMKM yang baru memulai perjalanan bisnisnya.

Berdiri pada 2016, KoinWorks yang pada awalnya adalah sebagai perusahaan pendanaan digital, dan melanjutkan misinya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan membantu semua lapisan masyarakat Indonesia mencapai tujuan keuangan mereka. Perusahaan ini berkantor pusat di Jakarta dengan holding di Singapura dan memiliki kantor untuk teknologi di Yogyakarta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper