Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri (BMRI) Siap Rilis Green Bond Rp5 Triliun Bulan Depan

Bank Mandiri (BMRI) mengumumkan rencana penerbitan green bond dengan target indikatif Rp5 triliun pada Juni 2023.
Gedung kantor pusat Bank Mandiri. /Bloomberg-Dimas Ardian
Gedung kantor pusat Bank Mandiri. /Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) secara resmi mengumumkan akan menerbitan surat utang Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan I Bank Mandiri Tahap I tahun 2023  (green bond) dengan target indikatif Rp5 triliun pada Juni 2023 mendatang.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan penerbitan obligasi ini merupakan salah satu inisiatif strategis yang dilakukan guna memperkuat struktur pendanaan dalam mendukung rencana ekspansi bisnis dalam kerangka implementasi Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) Bank Mandiri pada pilar sustainable banking.

“Penerbitan green bond merupakan salah satu inisiatif yang mempertegas konsistensi Bank Mandiri dalam penerapan Keuangan Berkelanjutan melalui pengembangan produk dan jasa Keuangan Berkelanjutan serta peningkatan portfolio green financing. Hal ini juga menjadi komitmen kami dalam mendukung pencapaian target Net Zero Emission (NZE) Indonesia pada 2060,” ujar Darmawan dalam public expose Selasa (23/5/2023).

Darmawan menambahkan dana yang dihimpun dari penerbitan green bond ini akan digunakan untuk mendukung pembiayaan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan (KUBL). Hal ini menjadi salah satu upaya untuk mengakselerasi peningkatan eksposur bank bersandi bursa BMRI ini ke sektor hijau.

Lebih lanjut, terdapat enam perusahaan penjamin efek dalam suksesi peluncuran green bond BMRI kali ini, di antaranya, PT Bahana Sekuritas, PT BNI Sekuritas, PT BRI Danareksa Sekuritas, PT CIMB Niaga Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan  PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. 

Adapun, Penawaran Umum Berkelanjutan greenbond BMRI akan diterbitkan dan ditawarkan kepada masayrakat dalam tiga seri. Pertama, seri A yang ditawarkan untuk jangka waktu 370 hari kalender dengan kisaran kupon 5,5 persen sampai 6 persen. 

Kedua seri B jangka waktu 3 tahun dengan kisaran kupun 5,75 persen sampai 6,50 persen, dan Ketiga seri C selama 5 tahun dengan kisaran kupon 5,95 persen sampai 6,95 persen.

Secara lebih rinci, berikut jadwal rencana pelaksanaan penawaran umum berkelanjutan (PUB) Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan (Green Bond) Bank Mandiri Tahap I Tahun 2023:

- Periode Bookbuilding: 23 Mei - 6 Juni 2023

- Pernyataan efektif: 16 Juni 2023

- Periode penawaran: 20-22 Juni 2023

- Allotment: 23 Juni 2023

- Tanggal pembayaran: 26 Juni 2023

- Tanggal distribusi: 27 Juni 2023

- Tanggal listing: 28 Juni 2023 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper