Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Strategi May Memecah Kebuntuan Brexit

Posisi Theresa May sebagai perdana menteri Inggris masih aman setelah memenangkan pemungutan suara. Namun, May masih harus berjuang mendapatkan solusi untuk memecahkan kebuntuan brexit.

Bisnis.com, JAKARTA -- Theresa May masih masih bisa bernafas lega setelah memenangkan pengambilan suara untuk posisi perdana menteri. Namun, hasil akhir proses Inggris keluar dari Uni Eropa masih belum ada titik terang.

Pada Senin (21/1/2019), May diwajibkan menyampaikan keputusan akhir skema Brexit yang akan diambil oleh Inggris. Sejumlah kemungkinan pun bermunculan mulai dari soft Brexit sampai no-deal Brexit.

May harus bergerak cepat untuk mengamankan rencana agar dapat diterima oleh seluruh anggota parlemen. Pasalnya, tenggat waktu pelaksanaan Brexit tinggal menyisakan 10 pekan lagi.

Perdana menteri Inggris itu bakal membuka pembicaraan konstruktif dengan para pimpinan partai. Tujuannya demi mendapat solusi pemecah kebuntuan Brexit.

Adapun, pihak oposisi menginginkan potensi referendum dan no-deal brexit dihapus dari kesepakatan.

Strategi May Memecah Kebuntuan Brexit

"Pemerintah menyikapi pertemuan ini dengan semangat konstruktif dan saya ingin mendorong yang lain untuk bersikap serupa," ujar May kepada dewan rakyat di parlemen.

Sayangnya, upaya May untuk menyatukan suara terhambat oleh Partai Buruh yang dipimpin Jeremy Corbyn. Partai buruh menolak bernegosiasi dengan May.

Meskipun begitu, May tetap membuka ruang diskusi dengan para pimpinan Partai Demokrat Liberal, Partai Nasional Skotlandia, Partai Plaid Cymru (Wales), serta menyampaikan kekecewaannya terhadap Partai Buruh.

Strategi May Memecah Kebuntuan Brexit

"Pintu saya terbuka jika dia [Corbyn] berubah pikiran," ujar May.

Inggris tengah mengalami kebuntuan dalam krisis politik akibat penolakan proposal Brexit pemerintah. Para pejabat di London maupun Brussel melihat kemungkinan terjadinya perpanjangan tenggat waktu dari rencana awal pada 29 Maret 2019.

Pada voting awal pekan ini, proposal kesepakatan antara Pemerintah Inggris dengan Uni Eropa hanya didukung oleh 202 dari 634 anggota parlemen yang hadir. Jumlah yang minoritas itu menjadi yang paling buruk bagi pemerintah Inggris di ranah parlemen pada zaman modern.

May pun tidak memiliki banyak pilihan selain mencoba rencana alternatif yang dapat menarik dukungan Partai Demokrat Liberal, Partai Nasional Skotlandia, Partai Plaid Cymru, dan Partai Buruh. Keempat partai itu lebih mendukung kelanjutan kerja sama Inggris dengan Uni Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Editor : Surya Rianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Infografik Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper