Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KORSEL VS KORUT: Pyongyang Kembali Luncurkan 3 Rudal

BISNIS.COM, TOKYO- Korea Utara meluncurkan tiga peluru kendali jarak pendek ke perairan lepas pantai timurnya pada Sabtu (18/5/2013), tulis berita Korea Selatan Yonhap yang mengutip pejabat Departemen Pertahanan di Seoul. "Satu analisis yang lebih rinci

BISNIS.COM, TOKYO- Korea Utara meluncurkan tiga peluru kendali jarak pendek ke perairan lepas pantai timurnya pada Sabtu (18/5/2013), tulis berita Korea Selatan Yonhap yang mengutip pejabat Departemen Pertahanan di Seoul.

"Satu analisis yang lebih rinci akan dibutuhkan tetapi rudal yang diluncurkan mungkin dimodifikasi dari rudal anti-kapal atau KN-02 rudal permukaan-ke-permukaan yang berasal dari era-Soviet SS-21 yang memiliki jangkauan sekitar 120 kilometer," ungkap Yonhap seperti dikutip Antara, Minggu (19/5/2013)..

Pejabat itu mengatakan telah meningkatkan pemantauan terhadap Korea Utara dan berada dalam siaga untuk menangani setiap perkembangan lebih lanjut.

Rudal itu diyakini diluncurkan dari pantai timur Korea Utara dan jatuh di Laut Jepang. Jepang menegaskan Korea Utara telah menembakkan rudal, tetapi tidak satupun dari rudal itu telah mendarat di perairan teritorial Jepang.

Para pengamat menyarankan peluncuran rudal adalah bagian dari latihan militer. Pyongyang secara rutin meluncurkan rudal tersebut, tetapi uji terbaru diikuti beberapa pekan yang relatif tenang di Semenanjung Korea setelah ketegangan meningkat awal tahun ini, setelah Korea Utara melakukan tes rudal jarak jauhnya Taepodong 2 pada Desember dan uji ketiga nuklirnya pada Februari, di mana PBB merespons dengan sanksi.

Setelah memulai latihan militer bersama Foal Eagle antara Korea Selatan dan Amerika Serikat pada Maret, Korea Utara mengancam akan melakukan serangan nuklir di daratan Amerika dan pasukan AS di wilayah tersebut, dan menguji dua rudal jarak pendek di timur pantai Semenanjung Korea.

Kemudian menolak masuk para pekerja Korea Selatan untuk bersama-sama menjalankan kompleks industri Kaesong di Korea Utara, mendorong Korea Selatan untuk menarik pekerja yang tersisa dari tempat tersebut.

Pekan lalu, muncul laporan bahwa dua rudal jarak menengah Korea Utara, dilaporkan siap untuk diluncurkan bulan lalu, telah ditarik dari posisi pesisir mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Sumber : Antara/Ria Novosti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper