Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korsel Habiskan US$6,8 Miliar untuk 40 Pesawat Tempur F-35

Korea Selatan akan membayar sekitar 7,34 triliun won (US$6,79) miliar untuk pembelian 40 jet perang F-35 dengan tipe Lockheed Martin (LMT.N).
Pesawat tempur F-35/indo-defense
Pesawat tempur F-35/indo-defense

Bisnis.com, SEOULKorea Selatan akan membayar sekitar 7,34 triliun won (US$6,79) miliar untuk pembelian 40 jet perang F-35 dengan tipe Lockheed Martin (LMT.N).

Tidak hanya itu, negeri Ginseng ini juga mengkonfirmasi rencana untuk membeli 4 Northrop Grumman (NOC.N) Global Hawk, pesawat tak berawak untuk mengamati tindakan negara tetangga, Korea Utara.

Menurut sumber yang menolak untuk disebutkan namanya, pesawat-pesawat itu dibandrol sekitar 880 miliar won dan akan segera dikirim mulai awal 2018.

Kesepakatan pertahanan itu tidak terlepas dari ketegangan yang selalu terjadi antara Jepang, Korea Selatan, dan China pada beberapa tahun belakangan ini sehingga ketiga negara itu berlomba-lomba untuk memperkuat ketahanan militernya.

“Lembaga lelang militer Seoul melaporkan anggaran mencapai 7,34 triliun won kepada komite pengawasan militer. Adapun, dana itu digunakan untuk membeli radar yang mampu menghindari pelacakan F-35 dengan sistem tambahan,”  ujar sumber itu di Seoul, Senin (24/3/2014).  

Korea Selatan mengatakan kesepakatan pembelian pesawat jet tempur F-35akan selesai pada kuartal III/2014 dengan pengiriman awal pada 2018.

“Bujet itu telah disetujui oleh Kementerian Keuangan,”terang juru bicara Defense Acquisition Program Administration (DAPA) Baek Youn-hyeong.

Lockheed, perusahaan produsen peralatan militer dalam rilisnya menyambut baik pengumuman Korea Selatan dan akan mendukung diskusi antara Seoul dengan Washington untuk menyelesaikan pesanan tersebut pada tahun ini. (Reuters)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper