Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kabupaten & Kota Terbaik dalam Pelayanan Publik

Pemerintah Kota Tangerang yang diwakili oleh Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menerima penghargaan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Tangerang yang diwakili oleh Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menerima penghargaan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Penilaian atas penghargaan yang diberikan dalam Acara Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke XVIII Tahun 2014  bertempat di Istana Negara, Jakarta, Jum'at (25/42014) dilakukan secara menyeluruh dan dilakukan oleh banyak kementerian.

Penghargaan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha merupakan penghargaan untuk daerah yang dianggap berkinerja tinggi dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan.

Penghargaan ini juga sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota yang telah berhasil menerapkan prinsip-prinsip otonomi daerah terutama yang terkait dalam usaha mensejahterakan masyarakatnya.

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djoehermansyah Djohan mengatakan Kota Tangerang dinilai maju dalam pelayanan publik, pelayanan pemerintahan serta tingkat partisipasi masyarakat yang cukup baik.

Penilaian ini lanjutnya didasarkan pada prestasi daerah dalam menjalankan 34 kewenangan yang diserahkan dari pusat ke daerah.

Penilaian dilakukan dengan menggelar desk evolution, yakni mencermati informasi dan data dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dengan menggunakan kriteria penilaian kinerja Pemerintah Daerah (Tataran Pengambil Kebijakan dan Tata Pelaksana Kebijakan).

Selain itu, juga mengaplikasikan common sense survey khususnya kepada daerah-daerah yang masuk kinerja paling tinggi melalui kunjungan lapangan.

Selain Kota Tangerang penghargaan ini juga diberikan kepada Kota Cimahi, Kota Yogyakarta dan Kota Depok. Sementara untuk kabupaten diraih oleh Kabupaten Pacitan, Kab.Jombang dan Kab.Sleman.

Sementara itu, Presiden SBY memberikan apresiasi kepada seluruh daerah yang telah berhasil menerima penghargaan dan diharapkan agar terus meningkatkan kinerja yang telah dilakukannya selama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper