Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Kepercayaan Konsumen Korsel Terus Merosot

Indeks gabungan sentimen konsumen Korea Selatan merosot ke level terendah selama 8 bulan pada Mei tahun ini.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, SEOUL - Indeks gabungan sentimen konsumen Korea Selatan merosot ke level terendah selama 8 bulan pada Mei tahun ini.

Hal itu mengindikasikan pemulihan konsumsi domestik masih jauh dari harapan.

Survei Bank of Korea (BOK) mencatat indeks sentimen konsumen turun menjadi 105 pada Mei 2014 dari 108 pada April lalu.

Indeks sentimen konsumen tersebut merupakan angka terendah sejak September tahun lalu. Meskipun menurun, indeks itu masih bertengger di atas 100, sehingga menunjukkan konsumen masih mengharapkan ekonomi akan pulih dalam beberapa bulan mendatang.

Indeks yang dirilis bank sentral Korea Selatan itu selalu menorehkan angka di atas 100 sejak Desember 2012, tetapi terus menurun dari level tertinggi selama 3 tahun pada Januari 2014.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan belanja domestik akan berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Negeri Ginseng daripada tahun-tahun sebelumnya.

Tetapi, sejauh ini, konsumsi domestik justru mulai terkontraksi. Inflasi diperkirakan terkoreksi menjadi 2,8% pada Mei tahun ini dari 2,9% April 2014, kata BOK di Seoul, Selasa (27/5/2014).

Proyeksi inflasi itu masih jauh dari target BOK di kisaran 2,5%-3,5% sedangkan inflasi tahunan justru bertengger di posisi 1,5% pada April 2014.

Hampir 60% responden survei itu menyebutkan biaya pelayanan publik akan membebani biaya-biaya lainnya pada masa mendatang. Pada waktu yang sama, harga produk industri dan properti juga mulai menguat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper