Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KCNA: Dua Korea Capai Kesepakatan Bersejarah

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bertemu dengan para pejabat tinggi Korea Selatan untuk pertama kali dan mengatakan dirinya bertekad meningkatkan hubungan antar-Korea.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un/Reuters
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bertemu dengan para pejabat tinggi Korea Selatan untuk pertama kali dan mengatakan dirinya bertekad meningkatkan hubungan antar-Korea serta berupaya mewujudkan reunifikasi, lapor kantor berita Korut KCNA.

Delegasi Korsel beranggotakan 10 orang, dipimpin Kepala Kantor Keamanan Nasional Chung Eui-yong, berkunjung ke ibu kota negara Korea Utara, Pyongyang, pada Senin (5/3/2018) dengan harapan dapat mendorong Korut dan Amerika Serikat melakukan pembicaraan satu sama lain.

Washington dan Pyongyang telah terlibat perselisihan selama berbulan-bulan menyangkut program nuklir dan rudal Korut. Presiden AS Donald Trump dan Kim Jong-un saling melemparkan penghinaan dan mengancam perang.

Ketegangan antara kedua Korea menurun selama pelaksanaan Olimpiade Musim Dingin baru-baru ini di Korsel. Dalam kesempatan itu, Presiden Korsel Moon Jae-in menerima kedatangan delegasi tingkat tinggi Korut.

Kim Jong-un mengundang Moon untuk bertandang ke Korut dalam rangka melakukan pembicaraan tingkat pemimpin negara, yang dikatakan Moon harus diupayakan kedua pihak.

"Ketika mendengar dari utusan khusus Korsel soal niat Presiden Moon untuk melakukan pertemuan puncak, Kim Jong-un bertukar pandangan dan membuat kesepakatan yang memuaskan," kata Korean Central News Agency (KCNA) soal pertemuan itu.

Kantor berita Korut itu tidak memerinci kesepakatan apa yang dicapai, tetapi seorang pejabat dari Kantor Kepresidenan di Seoul mengatakan kesepakatan itu sebagian menyangkut pertemuan puncak yang ditawarkan Korut.

Korut telah mengembangkan rudal-rudal dilengkapi nuklir, yang mampu menjangkau AS, tetapi Pyongyang dan Washington sama-sama mengatakan bahwa mereka ingin menemukan penyelesaian diplomatik.

Delegasi Seoul melakukan pertemuan dengan Kim Jong-un, adik perempuannya Kim Yo-jong, istri Kim Jong-un, dan sejumlah pejabat pada Senin, kata juru bicara kantor kepresidenan Korsel Kim Eui-kyeom.

Kim Yo-jong bulan lalu menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Korsel. Delegasi Korsel itu mengakhiri kunjungan 2 harinya ke Pyongyang pada Selasa (6/3/2018) setelah melakukan satu pertemuan lainnya dengan para pejabat Korut, kata juru bicara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper