Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Eropa dan Kanada Ancam Balas Perang Dagang AS

Langkah Amerika Serikat menerapkan tarif bea masuk terhadap impor baja dan aluminium mengundang reaksi keras dari sejumlah menteri keuangan negara anggota kelompok G7.
Bendera Uni Eropa/Reuters
Bendera Uni Eropa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Langkah Amerika Serikat menerapkan tarif bea masuk terhadap impor baja dan aluminium mengundang reaksi keras dari sejumlah menteri keuangan negara anggota kelompok G7.

Dalam sebuah pertemuan di Kanada, delegasi Uni Eropa dan Kanada mengancam akan membalas tindakan AS.

Bahkan, Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire, mewanti-wanti bahwa perang dagang dapat terjadi dalam "beberapa hari mendatang".

Akan tetapi, Presiden AS, Donald Trump, berkeras menetapkan tarif. Dalam cuitannya di Twitter, dia menulis bahwa AS "telah dicurangi negara-negara lain dalam perdagangan selama bertahun-tahun".

Trump menyatakan tarif bea masuk terhadap impor baja dan aluminium akan melindungi produsen baja AS yang dia klaim vital bagi keamanan nasional. Pada saat yang sama, Trump mengeluhkan halangan yang dihadapi perusahaan-perusahaan AS di Eropa dan tempat lainnya.

"Waktunya untuk cerdik!" tambahnya.

Menteri Perdagangan Amerika Serikat, Steve Mnuchin, membantah AS telah meninggalkan kepemimpinan dalam ekonomi global. Dia juga mengaku telah menyampaikan sikap negara-negara lain kepada Trump sebagaimana dikutip BBC.com, Minggu (3/6/2018).

Pertemuan tersebut tidak merilis pernyataan bersama sebagai tanda-tanda adanya ketidaksepakatan.

Hal itu diprediksi akan terus berlangsung pada akhir pekan mendatang, tatkala para pemimpin negara-negara G7, termasuk Trump, bertemu di Quebec, Kanada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper