Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lembaga Adat Melayu Riau Siapkan Tepuk Tepung Tawar untuk Sandiaga Uno

Lembaga Adat Melayu Riau akan menggelar acara budaya Tepuk Tepung Tawar untuk Sandiaga Uno, yang dijadwalkan berkunjung ke Pekanbaru pada Selasa, 4 September 2018.
Calon wakil presiden Sandiaga Uno saat berkunjung ke PBNU, Kamis (16/8/2018)./JIBI-MUhammad Ridwan
Calon wakil presiden Sandiaga Uno saat berkunjung ke PBNU, Kamis (16/8/2018)./JIBI-MUhammad Ridwan

Bisnis.com, PEKANBARU -- Lembaga Adat Melayu Riau akan menggelar acara budaya Tepuk Tepung Tawar untuk Sandiaga Uno, yang dijadwalkan berkunjung ke Pekanbaru pada Selasa, 4 September 2018.

Ketua Panitia Kegiatan Tepuk Tepung Tawar Taufik Ikram Jamil mengatakan pihaknya sudah menyebarkan undangan kepada pejabat dan forkopimda Riau untuk hadir dalam kegiatan tersebut.

"Rencananya akan dihadiri Gubernur, Ketua DPRD Riau, Kapolda, Danrem serta pejabat forkopimda," kata Taufik, Senin (3/9/2018).

Pengurus LAM kabupaten/kota juga sudah diundang, tokoh masyarakat dan adat Riau, begitu pula para tokoh Melayu serumpun dari negara jiran.

Taufik mengatakan kegiatan itu digelar sebagai bentuk ungkapan selamat datang kepada Sandiaga Uno, yang lahir di Rumbai Pekanbaru pada 28 Juni 1969 silam.

Rencananya acara dimulai pukul 15.00 WIB. Panitia juga sudah mengundang Ustadz Abdul Somad (UAS) yang juga salah satu anggota Majelis Kerapatan Adat LAM Riau.

UAS selain memberi tepuk tepung tawar ke Sandiaga Uno juga diminta menyampaikan tausiah dan nasihat kepada semua tamu undangan yang hadir.

Ketua Umum LAM Riau Al Azhar mengatakan tidak ada yang istimewa dari kegiatan tepuk tepung tawar oleh pihaknya tersebut.

"Ini kan kebetulan Sandiaga Uno mau berkunjung ke Riau, dan berkunjung ke LAM. Karena tamu datang ke LAM jadi kami tepuk tepung tawar, sebetulnya banyak tamu besar datang ke Riau tapi tak ke LAM tentu kami tak bisa lakukan tepuk tepung tawar," katanya.

Selama di Pekanbaru, Sandiaga Uno dijadwalkan mengisi sejumlah kegiatan di antaranya Kuliah Umum yang bakal diikuti ribuan mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) pada Selasa, 4 September 2018 pagi.

Tradisi Tepuk Tepung Tawar

Menurut laman kepriprov.go.id , Tepuk Tepung Tawar merupakan prosesi adat dengan tujuan memberikan berkah untuk mencapai keselamatan dan kesejahteraan, menghapus sial, majal dan duka nestapa agar terhindar dari orang yang akan di Tepuk Tepung Tawar.

Tepuk Tepung Tawar bisa dilakukan terhadap pengantin yang baru menikah, anak – anak yang akan khatam Al–Quran. Informasi lain menyebutkan, upacara tepuk tepung tawar dilakukan terkait berbagai peristiwa penting dalam masyarakat, seperti kelahiran, khitanan, perkawinan, pembukaan lahan baru, dan sebagainya.

Urutan, sebelum prosesi proses bertepuk tepung tawar disiapkan seperangkat alat berupa satu buah kaki batil, paha, astakone, mangkok kecil, tepak sirih, terenang, keto, sirih nikah dalam senjong dan bahan–bahannya antara lain: Beras Kunyit, Beras Basuh, Air Tepung Tawar, Beretih,  Perenjis, Embat–embat, satu buah telur ayam mentah.

Pada upacara tepung tawar untuk pengantin, prosesnya dimulai dengan mengambil sejumput beras kunyit, beras putih dan beretih lalu ditaburkan melewati atas kepala, ke bahu kanan dan kiri pengantin. Beras kunyit( warna kuning) melambangkan raja/ sultan, lambang kebesaran dan keagungan. Pada saat itu, orang yang menabur akan melafazhkan shalawat nabi SAW satu kali, kemudian mengambil perenjis (pemercik) lalu di renjiskan (dipercikkan) ke dahi/ kening, bahu kanan dan kiri, lalu di belakan telapak tangan kanan dan kiri. Urutan pemercikan digambarkan dalam bentuk lam alif  (bermakna Allah Berkehendak).

Upacata diteruskan dengan menggolekkan atau menggulirkan sebutir telur di wajah dan meletakkan sebentar di bibir pengantin, mengambil sejumput inai lalu dioleskan di telapak tangan kanan dan kiri yang telah dialasi dengan Bantal Susu Ari.

Upacara tepuk tepung tawar selesai, diteruskan dengan membaca doa selamat sebagai penutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper