Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemudik Motor di Jalan Raya Serang Masih Terpantau Usai Salat Id

Para pemudik dengan menggunakan sepeda motor melewati jalan Raya Serang, Kabupaten Tangerang, Banten, yang merupakan ruas utama pemudik masih tersisa usai mereka melaksanakan shalat Idulfitri.
Ilustrasi-Pemudik motor/Antara-Asep Fathulrahman
Ilustrasi-Pemudik motor/Antara-Asep Fathulrahman

Bisnis.com, TANGERANG - Para pemudik dengan menggunakan sepeda motor melewati jalan Raya Serang, Kabupaten Tangerang, Banten, yang merupakan ruas utama pemudik, masih tersisa usai mereka melaksanakan Salat Idulfitri.

"Tapi kebanyakan adalah pemudik sekitar Banten, seperti ke Lebak, Pandeglang maupun Cilegon," kata Kepala Pos Pelayanan Lalu Lintas Polresta Tangerang, Inspektur Dua (Ipda) Polisi, AA Surya di Tangerang, Rabu (5/6/2019).

Surya mengatakan, dalam pemantauan arus mudik petugas, bahwa masih banyak warga yang menggunakan sepeda motor ke beberapa kota di Lampung dan Bengkulu. Menurut dia, usai warga menjalankan Salat Idulfitri, mereka langsung berangkat menuju Pelabuhan Merak untuk menyeberang ke Bakauheni, Lampung.

Dia mengatakan, laporan petugas sepeda motor yang digunakan pemudik terlihat dengan jelas nomor polisi DKI Jakarta, Depok dan ada juga Karawang, Jawa Barat. Pemudik sepeda motor menggunakan jalan Raya Serang, sebagai jalur nasional non tol dari Jakarta ke Sumatera atau sebaliknya.

Petugas siaga mengamankan pemudik terutama masalah kelancaran lalu lintas dengan mendirikan sembilan pos pelayanan. Namun, setiap pos tersebut siaga petugas dari Polresta Tangerang, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) Banten dan Dishub setempat serta pos pelayanan kesehatan.

Pemudik motor kadang merancang bagian belakang dengan menambah kayu atau bambu yang diikat sehingga menambah beban kendaraan. Pihaknya menyarankan agar pemudik sepeda motor yang kelelahan supaya dapat istirahat apalagi dengan tujuan jarak jauh.

Hal tersebut karena ada sejumlah pemudik sepeda motor yang jatuh karena kelelahan sehingga harus mendapatkan pelayanan medis sementara oleh petugas, kemudian melanjutkan perjalanan.

Hasil rekapitulasi petugas di Pos Pelayanan Lalu Lintas Citra Raya pada H-1 bahwa pemudik sepeda motor dengan jumlah 12.311 unit dan kendaraan pribadi sebanyak 2.323 unit serta bus enam unit. Sedangkan berdasarkan perkiraan petugas pada hari H Lebaran 2019, kendaraan pemudik yang melintas rata-rata 631 unit per jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper