Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saksikan Gerhana Bulan Sebagian, Besok 17 Juli 2019

BMKG menyatakan besok 17 Juli 2019 akan terjadi fenomena alam gerhana bulan sebagian yang bisa disaksikan masyarakat yang berada di wilayah tertentu.
Gerhana bulan sebagian/bmkg
Gerhana bulan sebagian/bmkg

Bisnis.com, JAKARTA - BMKG menyatakan besok 17 Juli 2019 akan terjadi fenomena alam gerhana bulan sebagian yang bisa disaksikan masyarakat yang berada di wilayah tertentu.

Gerhana bulan kali ini, menurut BMKG adalah salah satu dari fenomena alam gerhana tahun ini yang bisa disaksikan dari Indonesia.

Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Pada tahun 2019 ini diprediksi terjadi lima kali gerhana, yaitu:

Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 5-6 Januari 2019 yang tidak dapat diamati dari Indonesia,
Gerhana Bulan Total (GBT) 21 Januari 2019 yang tidak dapat diamati dari Indonesia,
Gerhana Matahari Total (GMT) 2 Juli 2019 yang tidak dapat diamati dari Indonesia,
Gerhana Bulan Sebagian (GBS) 17 Juli 2019 yang dapat diamati dari Indonesia,
Gerhana Matahari Cincin (GMC) 26 Desember 2019 yang dapat diamati dari Indonesia.

Dapat diketahui bahwa durasi gerhana dari fase Gerhana mulai ke  Gerhana berakhir (P4) adalah 5 jam 37,4 menit. Adapun dari fase Gerhana Sebagian mulai hingga Gerhana Sebagian berakhir (U4) berlangsung selama 2 jam 58,8 menit.

Gerhana ini dapat diamati di bagian utara, tengah, dan tenggara  Asia, serta Australia saat Bulan terbenam. Keseluruhan proses gerhana dapat diamati dari  bagian barat Asia, Samudra Hindia, sebagian besar Afrika, bagian timur Samudera Atlantik dan bagian tengah Eropa.

Proses gerhana pada saat Bulan terbit dapat diamati di sebagian kecil bagian barat laut Afrika, bagian barat Samudra Atlantik, dan Amerika Selatan.

Adapun pengamat  di Samudra Pasifik, bagian utara Amerika, bagian timur Samudra Pasifik, dan sebagian kecil  bagian timur Asia tidak dapat mengamati keseluruhan proses gerhana ini.

Gerhana Bulan Sebagian 17 Juli 2019 ini merupakan anggota ke 21 dari 75 anggota pada seri  Saros 139. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah Gerhana  Bulan Sebagian 5 Juli 2001. Adapun gerhana Bulan yang akan datang yang berasosiasi dengan  gerhana bulan ini adalah Gerhana Bulan Sebagian 27 Juli 2037. Dalam penentuan fase-fase Gerhana Bulan Sebagian 16 – 17 Juli 2019 ini, nilai delta T yang digunakan adalah 72,7 detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper