Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Beberapa Wilayah Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada 25 hingga 27 September 2019 dapat terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. 
Ilustrasi/Jibi
Ilustrasi/Jibi

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam tiga hari ke depan sejumlah wilayah di Indonesia diprediksi akan mengalami hujan lebar disertai angin kencang dan petir.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada 25 hingga 27 September 2019 dapat terjadi di sejumlah wilayah Indonesia

"Terdapat sirkulasi siklonik di Perairan Barat Aceh (level 925/900) dan Samudera Pasifik timur Filipina (level 925/850 mb)," ujar BMKG dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/9/2019).

Disebutkan bahwa daerah belokan angin terdapat di wilayah Maluku Utara dan Papua Barat.

"Konvergensi terbentuk di wilayah Perairan Natuna, Kalimantan Barat, Kep. Riau, Riau, Sumatra Utara, Sumatra Barat. Sedangkan Low level jet dengan kecepatan angin diperkirakan mencapai >20 knot berpotensi terjadi di Laut Jawa, perairan Kalimantan Tengah - Kalimantan Selatan, Selat Makasar bagian selatan, Sulawesi bagian selatan, Laut Banda, NTT, Laut Timor," demikian keterangan BMKG.

Berdasar hasil pantauan BMKG, sejumlah wilayah yang berpotensi hujan lebat di Sumatra Barat, Kep. Riau, Bengkulu, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Papua Barat, Sumatera Barat, Riau,Kep. Riau, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Papua Barat, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah,Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tengah.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Papua,  Aceh, Sumatra Utara, Jambi, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Papua, Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, dan Papua. 

BMKG mengimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah berpotensi hujan lebat agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : BMKG
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper