Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apindo: Menteri Baru Jangan Hanya Duduk di Kantor

Para pelaku usaha berharap sosok menteri yang terpilih masuk ke kabinet baru Presiden Joko Widodo bisa terjun langsung ke lapangan untuk melihat dan mengawasi implementasi kebijakan.
Shinta Widjaja Kamdani/sintesagroup.com
Shinta Widjaja Kamdani/sintesagroup.com

Bisnis.com, JAKARTA - Para pelaku usaha berharap sosok menteri yang terpilih masuk ke kabinet baru Presiden Joko Widodo bisa terjun langsung ke lapangan untuk melihat dan mengawasi implementasi kebijakan.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan para pelaku usaha sangat berharap kabinet itu berisi orang-orang yang sungguh cakap, kompeten, profesional dan sesuai untuk menjalankan fungsi di pos jabatannya masing-masing.

Dengan begitu, jelasnya, kepercayaan pasar domestik dan internasional untuk melakukan kegiatan usaha dan investasi di Indonesia bisa ditingkatkan. Di samping itu, jelas dia, pihaknya berharap sosok menteri dalam kabinet bisa terlibat lebih jauh mengatasi hambatan dalam implementasi kebijakan.

"Mereka sebaiknya bukan tipe orang yang hanya duduk di kantor, tetapi juga orang yang terjun langsung ke lapangan untuk melihat dan mengawasi pelaksanaan dari kebijakan-kebijakan yang sudah ada saat ini dan menyempurnakan apabila ada yang kurang," ujarnya kepada Bisnis, Senin (21/10/2019).

Pasalnya, Shinta mengatakan permasalahan terbesar yang dihadapi Indonesia saat ini terkait dengan pelaksanaan kebijakan reformasi ekonomi yang tidak konsisten. Dengan begitu, jelasnya, anggota kabinet periode mendatang memiliki tugas berat untuk melanjutkan dan mempercepat pelaksanaan reformasi ekonomi nasional.

Kebijakan menteri baru mesti memberikan dampak yang lebih konkret pada peningkatan daya saing iklim usaha dan investasi nasional. Oleh karena itu, dia berharap latar belakang para menteri bisa memastikan adanya kelanjutan dan percepatan pelaksanaan reformasi kebijakan ekonomi nasional itu di setiap jabatan yang dipercayakan Presiden Jokowi.

"Karena masalah besar kita sekarang bukan hanya pada kelanjutan reformasi kebijakan ekonomi saja, tetapi lebih banyak terjadi karena inkonsistensi pelaksanaan kebijakan reformasi ekonomi di lapangan," kata Shinta yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Hubungan Internasional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper