Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Brasil Tuding Leonardo DiCaprio Biayai Kebakaran Hutan Amazon

Presiden Brasil Jair Bolsonaro menuduh bintang Hollywood Leonardo DiCaprio mendanai kebakaran yang terjadi di hutan hujan Amazon. Namun tudingan itu tanpa disertai bukti, yang kemudian menimbulkan kekhawatiran internasional.
sumber: Reuters
sumber: Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Brasil Jair Bolsonaro menuduh bintang Hollywood Leonardo DiCaprio mendanai kebakaran yang terjadi di hutan hujan Amazon. Namun, tudingan itu tanpa disertai bukti, yang kemudian menimbulkan kekhawatiran internasional.

Bolsonaro tampaknya mengomentari postingan di media sosial yang menyatakan organisasi lingkungan seperti World Wildlife Fund (WWF) membayar gambar yang diambil oleh petugas pemadam kebakaran sukarela. Gambar tersebut kemudian digunakan untuk meminta sumbangan pemadaman dan restorasi hutan, termasuk sumbangan senilai US $500.000 dari DiCaprio.

WWF membantah menerima sumbangan dari DiCaprio atau mendapatkan foto dari petugas pemadam kebakaran.

"Leonardo DiCaprio ini adalah pria yang keren, bukan? Memberikan uang untuk membakar Amazon," kata Bolsonaro dalam sambutan singkat di depan kediaman presiden, dilansir Reuters, Sabtu (30/11/2019).

DiCaprio membantah telah menyumbang ke WWF. Dalam sebuah pernyataan, aktor tersebut memuji orang-orang Brazil yang bekerja untuk menyelamatkan warisan alam dan budaya mereka.

"Meskipun layak mendapat dukungan, kami tidak mendanai organisasi yang ditargetkan," katanya.

DiCaprio telah menjadi advokat terbuka atas nama memerangi perubahan iklim. Dia sering berbicara tentang masalah lingkungan termasuk kebakaran hutan Amazon. Leonardo DiCaprio Foundation miliknya, yang berfokus pada proyek-proyek perlindungan satwa liar yang rentan dari kepunahan adalah bagian dari Earth Alliance.

Sebelumnya, Empat anggota organisasi nonpemerintah Alter do Chão Fire Brigade ditangkap pada Selasa lalu. Polisi menuduh mereka sengaja membakar untuk mendokumentasikan dan mendulang lebih banyak sumbangan. Mereka dibebaskan pada Kamis atas perintah hakim.

Politisi dan LSM lainnya dengan keras mengkritik penangkapan tersebut, mengatakan itu adalah bagian dari upaya bersama pemerintah Bolsonaro untuk melecehkan kelompok-kelompok pegiat lingkungan.

Para ilmuwan dan aktivis menyalahkan spekulan tanah, petani, dan peternak karena menngatur kebakaran untuk membuka lahan pertanian. Mereka mengatakan bahwa penggundulan hutan sedang digalakkan oleh retorika Bolsonaro untuk mempromosikan pembangunan dan pertanian di atas pelestarian.

Hutan hujan Amazon dianggap sebagai benteng melawan perubahan iklim global.

Bolsonaro telah berulang kali mengecam berbagai faksi dalam menyalahkan kebakaran hutan.

Dalam posting langsung Facebook pada 21 Agustus, dia mengatakan semuanya menunjukkan bahwa LSM akan pergi ke Amazon untuk membakar hutan. Ketika ditanya kemudian apakah dia memiliki bukti untuk mendukung klaimnya, Bolsonaro mengatakan dia tidak memiliki rencana tertulis.

Di lain waktu, dia mengakui bahwa petani bisa secara ilegal membakar hutan hujan, tetapi kira-kira sebulan kemudian dia menyerang media karena mengatakan bahwa hutan hujan sedang dihancurkan oleh kebakaran.

"Jadi apa yang dilakukan LSM? Apa hal termudah? Membakar hutan. Ambil gambar, buat video," kata presiden.

"(WWF) melakukan kampanye melawan Brasil, menghubungi Leonardo DiCaprio, dia menyumbangkan $ 500.000," tudingnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper