Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Virus Corona: WNI yang Dievakuasi dari Wuhan Siap Dikarantina di Batam

Proses Evaskuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan akan singgah di Bandara Hang Nadim Batam, yang dijadwalkan mendarat Sabtu (1/2/2020) besok dan pihak bandara mengaku sipa jika harus mengkarantina penumpang.
Petugas melintas di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (9/4)./JIBI-Dwi Prasetya
Petugas melintas di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (9/4)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Proses Evaskuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan akan singgah di Bandara Hang Nadim Batam, yang dijadwalkan mendarat Sabtu (1/2/2020) besok dan sdan pihak bandara mengaku sipa jika harus mengkarantina penumpang.

Didi Kusmarjadi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau, membenarkan pesawat yang membawa Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China singgah di kota itu.

"Iya, lewat Batam, kami masih rapat dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam untuk berkoordinasi mengenai teknisnya bagaimana," katanya di Batam, Jumat (31/1/2020) seperti dilaporkan Antara.

Ia mengatakan kedatangan penumpang WNI dari Wuhan itu ditangani KKP sedangkan, Dinkes hanya mendukung saja.

Didi Kusmarjadi menyatakan belum dapat memastikan apakah WNI dari China itu akan dikarantina sementara di Batam atau hanya singgah untuk perawatan pesawat sejenak.

Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian Karantina dan Survilance Epidemiologi KKP Batam, Romer Simanungkalit menyatakan pihaknya bersiap dengan segala kemungkinan.

"Bila pun ada penerbangan WNI yang singgah di Batam kami sudah siap karena telah berulang kali melakukan simulasi," katanya.

234 Penumpang

Berdasarkan laporan Tempo.co, proses evaskuasi WNI dari Wuhan itu akan memulangkan sebanyak 234 orang.

Proses evakuasi itu menurut rencana menggunakan pesawat Batik Air. Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait membenarkan informasi tersebut.

"Benar, Batik Air pesawat A 330. Untuk operasinya seperti apa, kami masih menunggu," kata Edward saat dikonfirmasi Tempo hari ini, Jumat, (31/1/2020).

Dari salinan surat permintaan izin prinsip charter flight dari Batik Air ke Kementerian Perhubungan yang diterima Tempo, pesawat rencananya akan berangkat pada Sabtu, 1 Februari 2020, pukul 06.00 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta.

Pesawat akan langsung terbang ke Kota Wuhan untuk evakuasi WNI.

Dari surat yang sama disebutkan bahwa peswat berjenis A330 itu akan kembali ke Indonesia pada hari yang sama. Rencananya pesawat tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, pada Sabtu, 1 Februari 2020, pukul 19.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno
Sumber : Antara, Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper