Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SKB CPNS 2019, BKN Siapkan 20 Titik Lokasi Ujian di Luar Negeri

Peserta dapat mengikuti tes di tempat terdekat, termasuk peserta tes yang sedang berada di luar negeri.
Kepala BKN Bima Haria Wibisana (kanan) saat Raker dengan Komisi II DPR, Selasa (22/1)./Dok. Kemterian PANRB
Kepala BKN Bima Haria Wibisana (kanan) saat Raker dengan Komisi II DPR, Selasa (22/1)./Dok. Kemterian PANRB

Bisnis.com, JAKARTA - Jelang pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2019, Badan Kepegawaian Negara (BKN) gelar Rapat Koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan perwakilannya di Luar Negeri pada Selasa (18/08/2020) secara virtual.

Rapat virtual itu diikuti seluruh perwakilan Kantor Regional (Kanreg) BKN, untuk membahas rangkaian persiapan pelaksanaan SKB di sebaran titik lokasi (tilok) yang disusun berdasarkan pilihan peserta, baik di dalam maupun luar negeri.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam rangka meminimalisasi pergerakan peserta pada pelaksanaan SKB CPNS fortmasi tahun 2019, peserta dapat mengikuti tes di tempat terdekat, termasuk peserta tes yang sedang berada di luar negeri.

“Peserta dapat mengikuti SKB di tempat terdekat, sehingga tidak perlu melakukan perjalanan,” ungkapnya dikutip dari laman bkn.go.id.

Hal ini juga didasari atas tindak lanjut Surat Edaran (SE) Menpan tentang Rencana Pelaksanaan SKB CPNS Formasi Tahun 2019 mengenai teknis penyelenggaraan SKB dalam rangka pencegahan penularan Covid-19, yang dilakukan dengan penetapan lokasi tes untuk meminimalisir pergerakan peserta antar wilayah.

Oleh karena itu, sebagai konsekuensi dari kebijakan tersebut, berdasarkan hasil pendaftaran ulang peserta SKB, tercatat sejumlah 68 peserta yang saat ini sedang berada di luar negeri.

Berdasarkan penjadwalan SKB yang dilaksanakan dari tanggal 10 – 14 Agustus 2020, jumlah peserta SKB per 12 agustus 2020 tercatat sejumlah 336.487 orang, yang meliputi 297.942 peserta SKB menggunakan CAT BKN (terdiri dari 51 instansi pusat 44.631 orang, dan 456 instansi daerah 253.311 orang).

Sementara, untuk instansi pusat yang tidak menggunakan CAT BKN 38.545 peserta.

Selanjutnya, untuk tilok luar negeri direncanakan akan dilaksanakan di 20 tilok yang tersebar di sejumlah Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Kantor Konsulat Jenderal, serta Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia.

Untuk memastikan pelaksanaan SKB tilok luar negeri dapat berjalan dengan optimal dan terjaga akuntabilitasnya, BKN telah bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan berkoordinasi langsung dengan perwakilan KBRI di tilok yang sudah ditetapkan.

Diketahui jumlah peserta tilok luar negeri 68 peserta, dengan peserta yang akan menggunakan CAT BKN 38 peserta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper