Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Penyebab Dominan Kematian Pasien Covid-19 di Jateng, Jatim dan Sulsel

Di Provinsi Jawa Timur, 95 persen pasien positif Covid-19 meninggal karena komorbid dengan penyakit bawaan di antaranya penyakit paru-paru dan jantung.
Ilustrasi - Sejumlah tenaga kesehatan membawa peti berisi jenazah di halaman RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (24/9/2020)./Antara-FB Anggoro
Ilustrasi - Sejumlah tenaga kesehatan membawa peti berisi jenazah di halaman RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (24/9/2020)./Antara-FB Anggoro

Bisnis.com, JAKARTA – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan komorbid atau penyakit bawaan menjadi kelompok yang paling rentan. Bahkan komorbid menjadi penyebab terbanyak kematian pasien Covid-19 di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur Herlin Ferliana menjelaskan berdasarkan analisa di Provinsi Jawa Timur sebanyak 95 persen pasien positif Covid-19 meninggal karena komorbid. Jenis penyakit bawaan di antaranya penyakit paru-paru dan jantung.

“Memang karena penyakit bawaan ada yang sakit paru-paru dan diabetes ini akan lebih sulit untuk recovery kondisi kesahatan. Ini mejadi perhatian khusus untuk mereka yang komorbid usahakan tidak sampai tertular,” kata Herlin saat konferensi pers, Rabu (21/10/2020).

Penyebab lain kematian pasien Covid-19 di Jawa Timur adalah lantaran datang terlambat ke fasilitas kesehatan. Herlin mengaku pihaknya sudah melakukan antisipasi bahwa semua pasien positif Covid-19 tanpa gejala bisa isolasi di rumah.

Selain itu, warga juga diminta untuk tidak keluar rumah jika tidak perlu, rajin cuci tangan pakai sabun, dan memakai masker. Terkait kesiapsiagaan, Herlin melanjutkan, SDM kesehatan dan fasilitas layanan kesehatan selalu dipantau dan akan dilakukan penambahan jika diperlukan.

Insya Allah SDM kesehatan dan alat kesehatan aman di tiga bulan ini. Hal ini tidak jadi persoalan, karena kami sudah menyiapkan 127 rumah sakit tapi kalau pada saat kondisinya berat maka ada lima RS yang akan kami siapkan, yakni RSUD Dr. Soetomo, RSUD Dr. Saiful Anwar, RSAL dr. Ramelan, RS Unair, RSUD Madiun,” ujar Herlin.

Setali tiga uang. Di Sulawesi Selatan, yang menjadi penyebab terbanyak kematian pasien Covid-19 adalah penyakit bawaan. Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Muhammad Ichsan Mustari mengatakan kasus kematian di wilayahnya hampir 97 persen diakibatkan oleh komorbid.

“Dari Sulawesi Selatan, jumlah kematian mengalami penurunan hingga 2,6 persen. Kasus kematian karena komorbid hampir 97 persen. Komorbid ini yang memperberat kondisi pasien,” ungkap Ichsan.

Namun, dia menjamin kesiapan fasilitas kesehatan dan SDM kesehatan untuk menangani pasien Covid-19 di Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo melanjutkan, penyebab kematian pasien Covid-19 disebabkan oleh berbagai faktor. Secara teoritis ia menjelaskan penyebab kematian bisa dari faktor agent, host, environment, dan pelayanan kesehatan.

“Dalam konteks Covid-19, agent dalam kasus ini adalah virus SARS-CoV-2. Pasien positif Covid-19 yang diakibatkan oleh virus dapat dilakukan tata laksana isolasi mandiri dan menurutnya hampir 100 persen pasien sembuh,” jelasnya.

Faktor lain berupa host atau penderita Covid-19 yang sudah lansia dengan komorbid. Ini sangat mempengaruhi kerentanan seseorang terhadap kematian.

“Oleh karena itu di Jateng dilakukan skrining kelompok rentan seperti ibu hamil, dan Lansia dengan komorbid. Mereka yang jadi prioritas tes,” ucap Yulianto.

Tak hanya itu, Yulianto menilai alat-alat kesehatan pun bisa menjadi faktor penyebab kematian, seperti di antaranya ventilator. Menurutnya, tingkat kesembuhan dengan menggunakan ventilator itu rendah, maka dari itu alternatif lain yang dilakukan dengan menggunakan High-Flow Nasal Cannula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper