Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapasitas ICU 61 Persen, Masyarakat Diimbau Tetap Patuh 3M

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan vaksin belum ditemukan. Karena itu, obat terbaik Covid-19 saat ini adalah patuh terhadap protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.
Seorang dokter mengoperasikan alat bantu pernapasan di ruang ICU Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (6/4/2020)./Antara
Seorang dokter mengoperasikan alat bantu pernapasan di ruang ICU Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (6/4/2020)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 menyebutkan bahwa kapasitas ICU rumah sakit rujukan dan rumah sakit darurat di Indonesia sudah di angka 61 persen.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan selama vaksin masih dalam proses, maka obat terbaik Covid-19 saat ini adalah patuh terhadap protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

“Presiden Jokowi sempat mengingatkan supaya kita tidak hanya terpaku pada satu cara mengatasi Covi-19 dengan menunggu vaksin,” kata Doni dalam konferensi pers, Selasa (27/10/2020).

Doni menegaskan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan pada saat libur panjang mulai 28 Oktober sampai 1 November 2020. Pasalnya, pemerintah berharap tak terulang lagi kejadian lonjakan kasus Covid-19 seperti yang terjadi pada libur panjang sebelumnya, yaitu saat IdulFitri, IdulAdha, dan HUT RI Ke-75. 

Sebelumnya saat Idulfitri, pemerintah sampai membuat keputusan yang memperbolehkan masyarakat mudik atau pulang kampung. Pada saat itu, katanya, terjadi ada peningkatan kasus walaupun jumlahnya tidak signifikan. Hal yang sama juga terjadi setelah libur IdulAdha angka kasusnya tidak naik tajam.

Namun setelah libur 17 agustus sampai 26 Agustus, Doni mengungkapkan terjadi peningkatan kasus di hampir semua kota besar, bahkan Jakarta mengalami sampai 1.000 dan kamar-kamar ICU di RS Covid mencapai tembus di angka 83 persen.

“Padahal standar WHO itu ICU itu 60 persen. Gubernur DKI Jakarta memutuskan mengembalikan PSBB total dan Presiden memerintahkan para menteri dan satgas untuk menambah kapasitas ICU. Mudah-mudahan berkurang terus," imbuhnya.

Situasi yang terjadi saat ini seharusnya menjadi cambuk bagi masyarakat untuk lebih meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan. Termasuk setiap pimpinan daerah sampai ke tingkat kelurahan dan desa, TNI Polri, tokoh agama, relawan, PKK, dan karang taruna. Setiap individu diharapkan agar tidak bosan-bosan mengingatkan masyarakat agar patuh protokol kesehatan atau 3M. 

Terkait dengan cuaca ekstrem, Doni mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan masing-masing. 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper