Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amien Rais Ungkap Makna Logo Partai Ummat, Ini Penjelasannya

Amien Rais menyebut menyebut logo Partai Ummat beririsan langsung dengan kalimat tauhid, thaiyyibah dan kalimat pembebasan.
Amien Rais/Antara-Adeng Bustomi
Amien Rais/Antara-Adeng Bustomi

Bisnis.com, JAKARTA - Amien Rais secara resmi mengumumkan logo Partai Ummat yang didirikannya. Dia menyebut logo partainya beririsan langsung dengan kalimat tauhid, thaiyyibah dan kalimat pembebasan.

Partai Ummat menggunakan warga hitam sebagai latar belakang dengan perisai dan bintang berwarna emas di bagian tengah. Dia menyebut logo Partai Ummat adalah perisai tauhid.

Dia menjelaskan bahwa kalimat tauhid dalam Islam disebut sebagai kalimat thaiyyibah yang dimaknai dengan pohon indah sehingga partainya akan memberi manfaat bagi bangsa.

Selain itu, kalimat tauhid dinamakan juga kalimatut-tahrir atau kalimat pembebasan. Maksudnya, membebaskan umat manusia dari belenggu penghambat kepada sesama manusia menjadi penyembahan kepada Allah semata.

“Seluruh Rasul diutus Tuhan dengan membawa kitab dan neraca keadilan, agar manusia dapat menegakkan keadilan. Itulah sebabnya motto perjuangan Partai Ummat adalah melawan kezaliman dan menegakkan keadilan,” kata Amien melalui youtube Amien Rais Official, Selasa (10/11/2020).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan alasan memilih bendera berwarna hitam dan emas ingin menyerupai dengan kiswah kabah atau kain yang menutup kabah.

“Dengan perisai tauhid yang berwarna hitam dan bendera Partai Ummat yang berwarna hitam, maka perisai tauhid menjadi pancaran autentik dari kalimah syahadah, kalimah thaiyyibah dan sekaligus kalimat pembebasan,” jelasnya.

Setelah peresmian logo ini, Amien Rais mengingatkan para kader dan anggota Partai Ummat selalu bekerja dan berjuang hanya menjadi ridha Ilahi, bukan ridha manusia.

Sebelumnya, Amien Rais sempat merespon pendirian Partai Masyumi. Dia mengaku akan membubarkan Partai Ummat dan bergabung dengan Masyumi bila Partai Ummat kalah besar.

Namun, dia meminta kader Masyumi mau bergabung dengan Partai Ummat apabila Masyumi kalah besar dibandingkan partai bentukannya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper