Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penambahan Kasus Baru Virus Corona di Korea Selatan Stabil 500 Pasien

Penambahan kasus baru virus corona di Korea Selatan stabil sekitar level 500 kasus dalam tiga hari berturut-turut.
Seorang wanita menjalani tes Covid-19 di sebuah klinik darurat di Seoul, Korea Selatan (26/8/2020)./Antara/Reuters-Kim Hong-Ji
Seorang wanita menjalani tes Covid-19 di sebuah klinik darurat di Seoul, Korea Selatan (26/8/2020)./Antara/Reuters-Kim Hong-Ji

Bisnis.com, JAKARTA - Penambahan kasus harian virus corona (Covid-19) di Korea Selatan pada Kamis (14/1/2021) berada di angka 500-an kasus, atau stabil dalam rentang tiga hari berturut-turut.

Melansir The Korea Times, Korea Selatan menambahkan 534 kasus Covid-19 baru, termasuk diantaranya adalah 496 kasus infeksi lokal. Sehingga pada Kamis (14/1/2021), total kasus Covid-19 di Negeri Ginseng menjadi 70.728 kasus berdasarkan catatan Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (Korea Disease Control and Prevention Agency/KDCA).

Penambahan kasus kali ini berkurang dibandingkan dengan penambahan kasus di hari sebelumnya, Rabu (13/1/2021) yang tercatat sebanyak 562 kasus.

Korea Selatan disebut-sebut sebagai salah satu negara paling sukses dalam menahan penyebaran virus, telah menderita infeksi cluster sporadis di seluruh negeri selama beberapa minggu terakhir. Kasus virus baru di negara itu sempat mencapai puncak 1.241 pada 25 Desember 2020 dan angka harian terus menembus ambang 1.000 beberapa kali.

Untuk mengatasi melonjaknya jumlah kasus Covid-19, otoritas kesehatan telah mengadopsi apa yang disebut skema jarak sosial Level 2.5, yang tertinggi kedua dalam skema lima tingkat negara itu, di wilayah Seoul yang lebih besar sejak 8 Desember.

Kebijakan jarak sosial Level 2 yang relatif sedang juga telah diterapkan di wilayah lain.

Langkah-langkah pengetatan akan dijalankan hingga Minggu, dan otoritas kesehatan akan memutuskan pada Sabtu apakah akan mempertahankan pembatasan saat ini atau menurunkannya.

Tetapi terlepas dari penyesuaian tingkat pengendalian virus, otoritas kesehatan akan mengurangi pembatasan pada apa yang disebut fasilitas berisiko tinggi, termasuk pusat kebugaran, tempat karaoke, dan sekolah penjejakan.

Korea Selatan juga dapat mempertimbangkan untuk mencabut larangan pertemuan lima orang atau lebih yang saat ini berlaku.

Dari kasus yang ditularkan secara lokal, ibu kota Seoul menyumbang 131 kasus, dan Provinsi Gyeonggi di sekitarnya mengambil 162 kasus. Incheon, sebelah barat Seoul, memiliki 24 kasus baru. Wilayah Seoul yang lebih besar menyumbang sekitar setengah dari populasi negara.

Infeksi cluster bertahan, dengan fasilitas koreksi di Seoul timur melaporkan 1.214 pasien pada Rabu (13/1/2021).

Sebuah rumah sakit perawatan di Suncheon, 415 kilometer selatan Seoul, juga melaporkan 106 kasus Covid-19. Kasus impor menjadi 28. Jumlah pasien virus corona (Covid-19) yang sakit parah atau kritis mencapai 380, naik enam dari sehari sebelumnya.

Korea Selatan menambahkan 10 kematian lagi, meningkatkan total menjadi 1.195. Total orang yang dibebaskan dari karantina setelah pulih total naik 1.136 orang dari hari sebelumnya menjadi 55.772.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper