Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Respons Kemlu atas Beredarnya Nama 32 Calon Dubes RI, Ada Terawan dan Rosan

Pesan berantai itu berisi nama daftar nama calon duta besar Indonesia untuk sejumlah negara beredar dalam beberapa hari terakhir.
Eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto./Antara
Eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri menyatakan belum bisa mengonfirmasikan daftar nama calon duta besar RI yang beredar di masyarakat.

Dalam beberapa hari terakhir, kabar itu beredar melalui di aplikasi pesan instan. Pesan berantai itu memuat 32 nama calon duta besar Indonesia untuk sejumlah negara.

Daftar itu antara lain memuat mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sebagai calon Dubes) RI untuk Spanyol. Selain Terawan, adapula nama politikus PDIP Zuhairi Misrawi sebagai calon Dubes RI di Riyadh, Arab Saudi.

"Dalam praktek dan adab diplomasi, nama-nama calon Dubes tidak dibuka ke publik. Setidaknya sampai proses permintaan persetujuan dari negara yang dituju atas calon Dubes diperoleh," ujar Jubir Kemlu, Teuku Faizasyah lewat pesan singkat, Jumat, (19/2/2021).

Selain Terawan, ada nama Ketua Kadin, Rosan Perkasa Roeslani untuk mengisi pos KBRI Washington DC. Posisi itu sebelumnya dijabat Muhammad Lutfi yang kini menjadi Menteri Perdagangan. 

Lutfi ditarik pulang meski baru kurang lebih tiga bulan menjadi Duta Besar Amerika Serikat. Dia kembali dilantik menjadi menteri perdagangan pada 23 Desember 2021.

Selain itu, adapula nama Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional (Dirjen HPI) Kemlu RI, Damos Dumoli Agusman untuk Duta Besar RI di Wina, Austria.

Sampai saat ini, Tempo masih berupaya mengonfirmasi nama-nama tersebut kepada yang bersangkutan.

Adapun DPR RI saat ini masih dalam masa reses, sehingga jika ada surat pemerintah yang masuk terkait pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) para calon dubes sejumlah negara sahabat, baru akan diproses di masa sidang mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper