Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cuaca Ekstrem, BMKG Ingatkan Potensi Banjir Bandang di NTT

BMKG memprediksi akan adanya hujan sedang hingga lebat di wilayah Nusa Tenggara Timur dalam 3 hari ke depan seiring dengan pengaruh La Nina.
Hujan disertai petir./Istimewa
Hujan disertai petir./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan adanya hujan sedang hingga lebat di wilayah Nusa Tenggara Timur dalam 3 hari ke depan seiring dengan pengaruh La Nina yang bakal berlangsung hingga Mei.

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer-laut menunjukkan bahwa La Nina masih berlangsung paling tidak hingga Mei 2021 dengan kecenderungan menuju netral.

“BMKG mendeteksi adanya bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur dan diperkirakan akan cenderung menguat dalam 24 jam ke depan dengan pergerakan menjauhi wilayah Indonesia,” tulis BMKG seperti dikutip dari keterangan resmi, Minggu (4/4/2021).

Secara tidak langsung keberadaan bibit siklon 99S di Laut Sawu tersebut berkontribusi signifikan terhadap peningkatkan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan di wilayah NTT.

Kondisi ini menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai petir dalam periode tiga hari ke depan di wilayah Kota Kupang, Kab. Kupang, TTS, TTU, Belu, Malaka, Sabu, Rote Ndao, Nagekeo, Ngada, Ende, Sikka, sebagian Flores Timur, Lembata, Alor, serta Sumba Timur.

Peringatan waspada potensi angin kencang terjadi di hampir seluruh wilayah NTT terutama di wilayah yang berada di sekitar pusat tekanan rendah seperti Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Rote, Sabu dan sebagian Sumba. 

Sementara itu berdasarkan Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak untuk potensi Banjir/Bandang dalam periode hingga 3 hari ke depan dengan kategori siaga berpotensi terjadi di wilayah NTT seperti Kota Kupang, Kab.Kupang, TTU dan TTS.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak terhadap bencana seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper