Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minim Posko, Kasus Covid-19 di 15 Daerah Meningkat Tajam

Sebagian besar kabupaten/kota dengan pertumbuhan posko penanganan Covid-19 berada di DKI Jakarta.
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito./Antara
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menunjukkan sebanyak 15 kabupaten/kota menyumbang penambahan tertinggi kasus positif Covid-19 pada pekan ini atau per 14 Juni 2021.

Sayangnya, sebagian besar daerah itu ternyata tidak memiliki jumlah posko yang memadai guna melakukan upaya 3T yaitu testing, tracing, dan treatment serta penegakkan aturan terkait lainnya.

Adapun, 15 Kabupaten/kota yang dimaksud antara lain adalah Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Kota Depok, Kota Bekasi, Demak, Bangkalan, Semarang, Bandung Barat, Grobogan, Jepara, Sleman dan Kota Bandung.

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan 11 dari 15 kabupaten/kota tersebut memiliki pertumbuhan pembentukan posko yang masih rendah yaitu dibawah 50 persen.

“Sedangkan empat kabupaten/kota diantaranya menunjukkan pembentukan posko yang sudah cukup banyak yaitu antara 60 persen sampai 80 persen,” kata Wiku dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/6/2021).

Adapun, sebagian besar kabupaten/kota dengan pertumbuhan posko berada di DKI Jakarta.

Perinciannya, Jakarta Barat mencatatkan pertumbuhan 25 persen, Jakarta Timur 46 persen, Jakarta Selatan 1,5 persen, Jakarta Utara 38 persen, dan Jakarta Pusat 16 persen.

Sementara kabupaten/kota lainnya yang mencatatkan hal serupa adalah Kota Depok dengan 32 persen, Demak 43 persen, dan Bangkalan 26 persen.

Sementara itu, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) kabupaten Grobogan menjadi yang tertinggi diantara kelima belas kabupaten/kota diatas yaitu mencapai 93,65 persen.

Lalu, Kota Semarang menyusul dengan BOR 93,36 persen, Bandung Barat 88,33 persen, Bangkalan 86,88 persen, Jakarta Pusat 86,11 persen, Demak 82,7 persen, dan Jakarta Utara 81,21 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper