Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soal Isu Perombakan Kabinet pada Bulan ini, Ini Jawaban Jokowi

Jokowi belum memastikan apa-apa terkati isu perombakan kabinet yang dikabarkan akan dilakukan pada pertengahan Juni ini.
Presiden Jokowi / Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi / Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan perombakan kabinet (reshuffle) pada pertengahan bulan ini.

Ketika dikonfirmasi oleh awak media, Jokowi belum bisa memastikan apa-apa terkait rencana perombakan kabinet Indonesia Maju tersebut. 

"Belum," katanya usai meresmikan Masjid At-Taufiq di Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Sementara itu, di tempat yang sama, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyampaikan bahwa perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden.

"Kalau Jokowi bilang belum, ya berarti reshuffle hanya bisa dilakukan atas kehendak Bapak Presiden," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Politikus Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad juga menanggapi isu terkait reshuffle kabinet Jokowi - Ma'ruf Amin yang dikabarkan akan dilakukan pada 15 Juni 2022.

Sufmi mengatakan bahwa berdasarkan sumber dari istana, kabar mengenai perombakan kabinet tersebut belum bisa dikonfirmasi. Dia juga menegaskan bahwa keputusan untuk merombak kabinet adalah kewenangan presiden.

"Saya mendengar dari sumber istana tidak, tapi saya dengar dari awak media. Saya pikir kita tunggu saja itu karena kewenangan dari Presiden," katanya di Gedung Nusantara III, DPR RI, Senayan, Rabu (8/6/2022).

Adapun, isu perombakan kabinet semakin menguat setelah Kepala Negara mengaku tidak puas dengan kinerja para pembantunya. Beberapa bulan lalu, Jokowi sempat 'memarahi' kabinetnya karena terlalu banyak melakukan impor dalam membelanjakan anggaran.

Kemudian, kasus kelangkaan minyak goreng dan beberapa kasus lainnya semakin menguatkan bahwa perombakan kabinet akan dilakukan oleh Jokowi dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper