Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menaker Apresiasi Implementasi Kartu Prakerja dan Dukung Keberlanjutannya

Menaker mengapresiasi implementasi program kartu Prakerja yang meningkatkan produktivitas serta kemampuan para persertanya.
Menaker mengapresiasi implementasi kartu Prakerja yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat /ANTARA
Menaker mengapresiasi implementasi kartu Prakerja yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi pelaksanaan Program Kartu Prakerja yang telah dirasakan manfaatnya langsung kepada masyarakat.

"Program ini telah memberikan manfaat berupa keterampilan serta produktivitas yang lebih baik," katanya saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Temu Raya Alumni Program Kartu Prakerja, yang dilaksanakan di Sentul International Convention Centre, Bogor, dilansir dari keterangan resmi, Jumat (17/6/2022).

Menaker mengatakan bahwa dalam implementasinya program kartu prakerja, Kemnaker telah memiliki platform digital yang menjadi salah satu pelaksana program kartu prakerja, yakni melalui layanan Sistem Informasi Ketenagakerjaan (SISNAKER).

Dalam layanan ini, terdapat berbagai pilihan jenis pelatihan dan lembaga pelatihan, baik melalui Balai Latihan Kerja (BLK) pemerintah maupun LPK Swasta. Peserta program ini juga telah mendapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga yang diikutinya.

"Tadi saya telah menyaksikan sendiri, saat presiden Joko Widodo berdialog langsung kepada alumni penerima manfaat program kartu prakerja, banyak sekali manfaat yang didapatkan, ada yang sukses bekerja dengan penghasilan yang lebih baik, bahkan telah menjadi wirausaha mandiri yang mereka mempekerjakan orang juga," ungkap Ida.

Pada kesempatan yang sama, Menaker mendukung penuh keputusan Presiden Jokowi yang telah memastikan program Kartu Prakerja masih berlanjut pada 2023.

" Tadi, Pak Presiden, sudah memastikan bahwa program Kartu Prakerja untuk tahun depan dipastikan untuk dilanjutkan,mengingat dorongan masyarakat yang merasakan manfaatnya, untuk itu Kami akan terus melakukan evaluasi dan menyiapkan terkait kesiapan sistem layanan Sisnaker, yang selama ini telah menjadi platform pelatihan program Kartu Prakerja," ungkap Ida.

Sekadae informasi, peserta Kartu Prakerja saat ini berasal dari 34 provinsi. Peserta yang terdaftar Kartu Prakerja sudah berjumlah 12,8 juta orang.

Berdasarkan survei BPS, 88,9 persen peserta Kartu Prakerja merasakan peningkatan kemampuan.

Sementara itu, jumlah peserta yang mendaftar sudah mencapai 115 juta dan jumlah peserta yang terverifikasi sebesar 84 juta orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper